Yuk, Usir Stres di Tempat Kerja

0
402

Menghabiskan sebagian besar waktu Anda dengan bekerja di kantor tidak hanya melelahkan, tetapi dapat pula menyebabkan tingginya tingkat kebosanan hingga stres. Keinginan untuk melakukan rehat atau relaksasi sejenak kadang terbentur dengan waktu.

Bila hal ini terjadi, lama-kelamaan bekerja di kantor hanya akan membuat Anda tertekan dan terbebani setiap hari. Jangan sampai hal ini terjadi!

Lima cara praktis berikut bisa Anda coba untuk meminimalisasi tingkat kejenuhan dan kebosanan saat berada di tempat kerja. Tak perlu repot untuk beranjak dari kursi dan meja kerja, lima hal sederhana ini mudah untuk Anda coba kapan saja! 

1. Gunakan aromaterapi untuk meregangkan saraf.
Menurut Irina Kushnir, pakar aromaterapi dan praktisi kesehatan, ketika Anda mencapai tingkat stres, maka otot-otot di perut akan kontraksi yang menyebabkan tekanan pada area abdominal dan seluruh tubuh. “Aroma chamomile dan jahe akan menenangkan sistem pencernaan dan meredakan emosi. Pilihan aroma lavender akan lebih menenangkan sistem saraf,” ujar Kushnir.

2. Cobalah berlatih olah napas. 
Dr Bruan Ghessi, direktur pusat kebugaran The Alive, menyarankan Anda melakukan latihan olah napas sederhana. Caranya, tarik napas secara perlahan dan dalam, hirup melalui hidung, kemudian buang napas melalui mulut. Ulangi dengan meletakkan tangan di dada, pastikan dada mengembang saat menarik napas.

“Kemudian lakukan hal yang sama dengan menempatkan tangan di area tulang rusuk dan di atas perut. Ulangi lagi. Untuk area-area tertentu, lepaskan napas sambil secara pelan mengucap, ‘Ahhh‘,” jelas Dr Ghessi.

3. Semprotkan wewangian pada busana kerja. 
Robert Tisserand, pakar aroma terapi dan peneliti minyak esensial, menyarankan untuk coba menggunakan wewangian beraroma rempah yang disemprotkan pada busana kerja Anda. “Aplikasikan dua tetes minyak beraroma natural ini pada busana untuk menghilangkan stressebelum melakukan presentasi,” saran Tisserand.

4. Berani berkata “tidak”. 
Menurut Priscilla Marotta PhD, penulis buku Power & Wisdom: The New Path for Women, para wanita terkadang sungkan untuk menolak dan berkata “tidak” untuk beberapa hal yang berhubungan dengan pekerjaan, tetapi di luar kebiasaannya. Misalnya saja, saat diberikan tugas berlebih dan bukan termasuk pekerjaan kita.

“Wanita biasanya kesulitan mengatur batasan mereka karena wanita tak ingin mengecewakan orang yang bergantung pada mereka. Jika pekerjaan membuat tekanan darah Anda melonjak, Anda harus mempertimbangkan kembali untuk berkata ‘ya’,” ujar Marotta.

5. Campurkan minyak esensial pada pelembap atau alas bedak.
Kushnir menyarankan, campurkan dua hingga tiga tetes minyak esensial pada produk perawatan kulit harian Anda, baik ketika Anda mengaplikasikannya pada pagi hari maupun saat mengecek kembali tata rias Anda. “Campuran ini akan membuat otot-otot wajah menjadi rileks dengan kualitas antispamodic terapeutik. Lavender membantu menyeimbangkan emosi. Ylang Ylang bermanfaat menstabilkan hormon,” jelasnya.

Berani mencobanya mulai sekarang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − nine =