Yayasan Kalla Mendukung Pelestarian Mangrove

0
609
MediaKALLA.com – Yayasan Kalla turut mendukung pelestarian mangrove di pesisir Kota Makassar. Hal ini terbukti dengan turut berpartisipasi dalam kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Berkelanjutan (Pelestarian Mangrove, Terumbu Karang dan Ekosistem Lainnya), Sabtu, 14 Juni 2014. Kegiatan tersebut digelar di Kel. Bira, Kec. Tamalanrea, Makassar.
Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Peternakan Makassar, Abd Rahman Bando mengatakan bahwa dari total panjang garis pantai pesisir Kota Makassar yaitu, sepanjang 36 km, hanya 8,7 km atau 24,7 % saja yang masih ditumbuhi mangrove. ” Kondisi ini tentu berpotensi menimbulkan bencana bagi masyarakat pesisir utamanya bencana abrasi dan tsunami, ” ungkapnya.
Selain itu menurutnya, semakin berkurangnya lahan mangrove juga mengakibatkan potensi pendapatan nelayan berkurang. ” Hutan mangrove merupakan rumah bagi biota laut terutama kepiting bakau, sehingga kalau mangrove semakin menipis maka biota ini akan pindah ke tempat lainnya, inilah yang menyebabkan hasil tangkapan semakin berkurang, ” jelasnya.
Hal inipun terbukti, Sanreo salah seorang warga Kel. Bira mengakui jika semakin hari hasil tangkapannya berupa kepiting bakau semakin sedikit dan area wilayah tangkapan semakin jauh dari bibir pantai. ” Dulu waktu hutan mangrove di sini masih lebat, hasil tangkapan melimpah dan besar-besar, ” akunya.
Sementara itu, perwakilan Yayasan Kalla, Asnawi Makkatutu menuturkan bahwa pelestarian mangrove merupakan salah satu program kerja Yayasan Kalla di bidang green care tahun ini. Selain mangrove, pihak Yayasan Kalla juga menanam pohon kelapa di bibir pantai untuk mencegah abrasi. ” Tahun ini kami juga melakukan rehabilitasi dan transpalantasi terumbu karang di pulau Bone Tambu, Makassar. Ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan, ” katanya di hadapan ratusan warga Kel. Bila.
Asnawi menambahkan bahwa penanaman pohon di turus jalan Maros-Parepare kembali akan dilanjutkan tahun ini. ” Ini sudah tahun ketiga kami lakukan dan Insya Allah akan rampung tahun ini, ” bebernya.
Kegiatan sosialisasi tersebut juga dirangkaikan dengan penanaman bibit mangrove di pesisir pantai. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 + nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.