Yayasan Kalla Latih Pengurus Masjid Benahi Sound System

2
1164

MediaKALLA.co.id – Yayasan Kalla memberikan pelatihan pembenahan tata suara (sound system) masjid kepada pengurus masjid. Pelatihan yang diikuti 54 pengurus masjid ini berlangsung di Masjid Raya Baruga Kompleks Bukit Baruga, Sabtu, 19 Maret 2016.

Penanggungjawab kegiatan Haryanto mengatakan bahwa dalam data Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel terdapat kurang lebih 24 ribu masjid di Sulsel. “Dari angka itu sebagian besar memiliki tata suara yang tidak layak, padahal ini berpengaruh kepada kenyamanan jamaah beribadah,” ungkapnya.

Hal inilah, lanjutnya yang mendorong Yayasan Kalla untuk memberikan pelatihan manajemen dan pembenahan sound system. “Kami bekerjasama dengan TOA Indonesia,”sebutnya.

Sementara itu M Agung Madani perwakilan TOA menjelaskan bahwa sistem tata suara yang benar yakni yang menghasilkan suara jelas, stabil, nyaman dan mudah dipahami oleh pendengar. “Di samping itu juga harus memenuhi segi artistik dimana pemasangannya tidak merusak dekoratif ruangan,” ujarnya.

Agung menambahkan bahwa pemasangan sound system perlu memperhatikan kondisi ruangan. Bila ruangan berisik, sebaiknya dipasang secara merata; untuk menghindari suara terlalu keras pada bagian depan, penempatan speaker jangan mengarah langsung ke microphone (menyebabkan feedback). “Bila ruangan bergema tinggi, sebaiknya speaker dipasang secara merata dan setinggi pendengar atau mengarah ke pendengar untuk mengurangi efek gema,” bebernya. [Azhar]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

2 COMMENTS

  1. Aslm.. klo mau mengajukan program bantuan sound system prosedurnx seperti apa pak admin.. kebtulan di perumahan baru kami di moncongloe sedang butuh yg demikian dan nomor yg bisa dihubungi yah.. terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.