Yayasan Kalla Gelar Pelatihan Guru di Sekolah Islam Al Ashri

0
592

MediaKALLA.com – Kebanggaan harus ada sebagai guru sebab profesi guru merupakan profesi mulia yang membutuhkan kompetensi yang tidak semua orang memilikinya. Demikian inti Pelatihan Guru Yayasan Kalla yang berlangsung di Sekolah Islam Al Ashri Telkomas Tamalanrea, Sabtu (19/1). Pelatihan ini menghadirkan Kepala Bidang Pendidikan Yayasan Kalla, Syamril sebagai pemateri dan dihadiri 30-an guru-guru Sekolah Islam Al Ashri dari TK hingga SMA.

“Dulu saya menjalani profesi guru dengan penuh keterpaksaan. Setelah saya dalami ternyata profesi guru adalah sebuah profesi yang sangat menyenangkan,” kata Syamril menuturkan. Pemateri yang sudah malang melintang di dunia pelatihan guru ini menuturkan profesi guru harus di dasarkan atas sebuah panggilan nurani, “Kinerja seorang guru itu sangat ditentukan oleh motivasi dan kompetensi” tandasnya.

Untuk menjadi guru yang berkompetensi, kata Syamril, setidaknya seorang guru perlu memiliki empat kompetensi dasar yakni kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan professional, “Secara umum seorang guru yang berkompeten harus punya talents, skill, knowledge, dan attitude. Begitu pula dengan motivasi, harus punya mindset, minat dan nilai-nilai yang sejalan dengan pendidikan itu sendiri. Kedua hal ini akan sangat menentukan kualitas seorang guru,” tandasnya.

Pelatihan Guru yang berlangsung di Sekolah Islam Al Ashri Kompleks Telkomas Tamalanrea ini adalah adalah salah satu bentuk kepedulian Yayasan Kalla terhadap dunia pendidikan khususnya guru-guru sekolah swasta yang kurang mendapat perhatian pemerintah.

“Mengapa ada pemain bola sekelas Messi yang dibayar sangat mahal sementara ada pemain bola Tarkam yang dibayar sangat murah padahal kedua-duanya melakukan hal yang sama? Tentu karena profesionalitasnya. Sama halnya dengan profesi guru. Harus memiliki profesionalitas yang tinggi jika ingin memiliki karir yang cemerlang sebagai seorang pendidik.” Tutup Syamril. [Ali]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + eighteen =