Yayasan Kalla Gandeng Yonkav-10/Serbu Bangun Jamban Sehat di Pampang

0
502

MediaKALLA.co.id – Kalla Group melalui Yayasan Kalla menggandeng Batalyon Kaveleri-10/Serbu Kodam VII Wirabuana membangun jamban sehat untuk warga di Kelurahan Pampang Kecamatan Panaikang, Makassar. Kolaborasi antar institusi ini terjalin setelah dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman antar kedua bela pihak di Wisma Kalla, Selasa, 14 Juni 2016.

Kordinator Yayasan Kalla, Syamril menuturkan bahwa tujuan utama program ini adalah untuk mendorong masyarakat dapat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungannya. “Kesehatan lingkungan akan mempengaruhi derajat kesehatan warganya,” sebutnya.

Selain itu, program ini sebagai bentuk kepedulian untuk membantu masyarakat dalam memfasilitasi jamban sehat guna meningkatkan sanitasi yang masih belum baik di lingkungan kumuh pada wilayah binaan Yayasan Kalla (Program Kampung Kota). “Untuk tahap awal akan dibangun 10 jamban sehat di rumah warga yang terpilih. Pemilihan rumah warga berdasarkan survei dengan melihat kondisi tanah, lokasi rumah dan kepemilikan tanah dan rumah tersebut,” jelasnya.

Syamril merinci untuk penyebaran pembangunan jamban sehat ini adalah pada RW 01 sebanyak 3 rumah, RW 02 sebanyak 3 rumah, RW 03 sebanyak 2 rumah, RW 08 sebanyak 2 rumah. “Pembangunan jamban dimulai Rabu, 15 Juni 2016, ditergetkan rampung dalam 14 hari ke depan,” terangnya.

Sementara itu, Komandan Kompi 10.3/BU Yonkav-10/Serbu, Kapten Adzan Marjohan Nasution mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk bakti TNI, dimana setiap kesatuan diwajibkan melaksanakan kegiatan sosial di wilayah teritorialnya. “Pembangunan jamban sehat untuk warga Pampang ini merupakan bagian dari program pembangunan sejuta jamban TNI di seluruh Indonesia tahun ini,” ucapnya.

AM Nasution menambahkan bahwa bakti TNI merupakan salah satu bentuk komunikasi sosial agar masyarakat lebih dekat dan merasa diperhatikan oleh TNI. “Sehingga nantinya pada suatu ketika TNI membutuhkan bantuan, masyarakat juga langsung membantu secara sukarela,” ujarnya.

Khusus untuk pembangunan jamban sehat yang di Pampang ini, lanjut AM Nasution pihaknya menerjungkan 25 orang prajurit TNI. “Insya Allah selesai tepat waktu,”

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − 2 =