Yayasan Kalla Dukung Program Kampung Hijau

0
674

Mediakalla.com – Makassar Creative City Movement menggagas pembentukan Kampung Hijau di Makassar. Kampung hijau adalah sebuah gerakan bersama untuk menata pemukiman kumuh menjadi lebih bersih, sehat, nyaman, mandiri dan berkelanjutan. Gerakan ini diinisiasi dan dilaksanakan beberapa komunitas kreatif yang ada di kota Makassar. Komunitas yang terlibat adalah mereka yang peduli terhadap lingkungan.

Kalla Group melalui Yayasan Kalla turut serta mendukung pembentukan Kampung Hijau ini. Dukungan yang diberikan terutama dalam hal pelatihan keterampilan merajut bagi ibu-ibu rumah tangga. ” Selain kegiatan merajut, ada pula kegiatan vertikultur, mural dan pengecatan tembok dan pengelolaan sampah, ” Kata Fatimah Haris.

Sekretaris kegiatan Kampung hijau ini menggungkapkan bahwa untuk tahap awal kegiatan ini dilaksanakan di ┬áJalan Sultan Abdullah II, Kecamatan Tallo, Makassar. Di mana dilokasi tersebut terbilang sangat kumuh, jauh dari perkotaan dan kurang mendapat perhatian pemerintah. ” Olehnya itu kami pilih lokasi ini, semoga bisa menjadi pilot project untuk lokasi selanjutnya, ” ujarnya.

Sementara itu, Cordinator Community Development Yayasan Kalla, Bayu Bagaskoro mengatakan bahwa keterlibatan Yayasan Kalla karena melihat kegiatannya yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. ” Kami mendukung penuh kegiatan ini, terutama dalam kegiatan pelatihan merajut bagi ibu-ibu, karena ini bisa menjadi keterampilan yang nantinya bisa menghasilkan pendapatan tambahan di keluarga, ” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa keterampilan merajut ini dipadukan dengan pemanfaatan barang bekas. Barang bekas seperti botol, plastik, bungkus deterjen mereka sulap menjadi tas, bros, jepitan rambut dan lain sebagainya. ” Ada sekitar 25 orang yang mengikuti pelatihan ini. Kami harap dari pelatihan ini, mereka sudah bisa mengubah barang bekas menjadi barang bernilai ekonomi, ” ujar Bayu.

Kampung hijau ini diresmikan pada, Sabtu, 23 November 2013 oleh Walikota Makassar.

[azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve − 7 =