Yayasan Kalla Cari Sarjana yang Siap Pulang Kampung

0
1307

Tahun ini Yayasan Kalla akan memperluas wilayah pengembangan potensi desa ke sepuluh desa di Wilayah Sulawesi Selatan. Hal ini dilakukan setelah program pengembangan Desa Mallari, Kab. Bone, tahun lalu sukses terlaksana. Program pengembangan desa ini bertujuan mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat desa melalui pengembangan potensi unggulan, penguatan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat.

Koordinator pengembangan desa Yayasan Kalla, Abdul Hakim mengatakan untuk mensukseskan program pengembangan desa ini maka kami akan menempatkan tenaga sarjana dari latar belakang keilmuan tertentu di desa-desa tujuan program. ” Harapan kami para sarjana dapat melakukan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi yang didapatkannya di bangku kuliah kepada masyarakat, mengimpelementasikan visi Community Development Yayasan Kalla, serta membangkitkan jiwa kewirausahaan, meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dampingan, ” jelasnya.

Adapun daerah target pendampingan adalah Maros, Pangkep, Barru, Pinrang, Luwu Utara, Gowa, Bone dan Jeneponto. ” Setidaknya kami butuh 30 orang sarjana dari jurusan Pertanian, Ilmu Tanah, Proteksi (Perlindungan Hama dan Penyakit), Sarjana Pendidikan Matematika, Biologi dan Fisika, ” sebut Hakim.

Para sarjana ini akan disebar ke desa-desa yang akan Yayasan Kalla dampingi untuk mengelola berbagai program/kegiatan pengembangan desa selama satu tahun lamanya. Adapun kriteria dan kompetensi sarjana pendamping yang dibutuhkan adalah berusia maksimal 25 tahun, sehat jasmani dan rohani, IPK min. 3.0, memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan yang ditunjukkan pada saat wawancara, mempunyai minat yang tinggi dalam hal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, mempunyai kompetensi untuk menerima dan mengembangkan inovasi dan IPTEK di desa yang didampinginya, memiliki tanggung jawab terhadap keberhasilan program, memiliki pengalaman dalam bidang pembangunan masyarakat. ” Sarjana yang berasal dari 8 (delapan) kabupaten target pendampingan akan kami utamakan, ” terang Hakim.

Tugas dan tanggungjawab mereka adalah sebagai manager dalam pelaksanaan program di desa dampingan, membuat perencanaan program dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat desa dampingan, membimbing dan membina warga desa dalam dalam mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan yang dihadapi selama pendampingan berlangsung, menumbuhkan semangat kewirausahaan warga desa dampingan dalam pengembangan wilayahnya, menjamin keberlanjutan dan kesinambungan program dan bidang usaha yang dikembangkan, melakukan koordinasi dengan pemerintah, tokoh-tokoh masyarakat, lembaga-lembaga pendidikan dan warga setempat dalam rangka menjalankan dan menyuskseskan program kerjanya dan menyusun laporan perkembangan program dan usaha; laporan harian, mingguan, bulanan dan dua bulanan.

Bagi sarjana yang tertarik bisa mendaftarkan diri mulai Senin, 9 Maret hingga 23 Maret 2015. Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirimkan lamaran kerja dan curriculum vitae via email ke contact@mediakalla.com. Pelamar yang dinyatakan lulus berkas bakal diwawancara pada 25 – 27 Maret 2015, penetapan kandidat yang terpilih 31 Maret 2015, training dan pembekalan 6 – 10 April 2015 dan pemberangkatan ke lokasi dampingan 27 – 29 April 2015.

Yayasan Kalla akan memberikan fasilitas berupa gaji bulanan, tunjang transportasi, makan dan kesehatan serta modem internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.