Yayasan Kalla Cari 100 Siswa Kelas XII SMA/MA Dhuafa Berprestasi

0
402

MediaKALLA.com – Yayasan Kalla menggulirkan program baru tahun ini  yakni Kompetisi Siswa SMA dan MA Berprestasi SeSul-Sel 2015. Minimnya kesempatan siswa golongan ekonomi lemah yang  berasal dari pedesaan dan pinggiran kota untuk lulus di Perguruan Tinggi Negeri melatar belakangi lahirnya program ini. Demikian kata Ali Syahbana, Kalla Educare Officer Yayasan Kalla, “Program ini bagian dari Kalla Educare. Kami mencermati bahwa selama ini siswa dhuafa yang berasal dari pedalaman sangat sedikit yang bisa lulus khususnya di PTN Unggulan yang ada di Jawa. Ternyata, mereka ini memiliki daya saing yang kecil dibandingkan siswa yang ada diperkotaan disebabkan tidak adanya fasilitas yang dapat menyiapkan mereka untuk lulus, kalaupun ada berupa bimbingan belajar yang tentunya mematok tarif tinggi yang tidak dapat mereka jangkau,” jelas Ali Syahbana.

Untuk itu, tambah Ali Syahbana, Yayasan Kalla menggandeng Institute of Community Development (iNstyd) sebagai mitra untuk menyeleksi siswa dhuafa dari berbagai Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyyah di Sul-Sel. iNstyd adalah lembaga filantropi pendidikan yang telah melakukan kegiatan serupa sejak 11 tahun lalu dan membina serta mendidik lebih dari 1000 anak daerah pada berbagai PTN di Indonesia. “Kami akan mencari 100 orang yang terbaik untuk diikutkan dalam Learning Camp atau Bimbingan Belajar model karantina selama 40 hari di LEC Athirah Antang Bukit Baruga Makassar. Semua kebutuhan peserta yang lulus akan kami gratiskan termasuk biaya bimbingan, biaya makan, akomodasi, ” tandas Ali Syahbana.

Sementara itu, Direktur iNstyd, Syarif M. Parenreng menuturkan untuk mengikuti kompetisi ini siswa yang berminat dapat mendaftarkan diri secara online di website kallagroup.co.id/yms, “Kami telah berkoordinasi dengan SMA se-SulSel dan juga akan mengirimkan surat dalam waktu dekat ini ke semua Madrasah Aliyyah untuk mensosialisasikan program ini. Mengingat singkatnya waktu pendaftaran, kami himbau agar setiap siswa baik dari SMA maupun MA sesegara mungkin mendaftar online paling lambat tanggal 18 April mendatang. Kompetisi akan kami adakan pada tanggal 23 April secara serentak di semua kabupaten di Sulsel dan akan diumumkan tanggal 28 April. Bagi yang lolos seleksi, akan kami undang untuk mengikuti Learning Camp pada bulan Mei,” jelasnya.

Dosen Unhas ini menambahkan selama bimbingan belajar, peserta akan ditempa dengan berbagai latihan soal, pembahasan hingga try out untuk mempersiapkan diri mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN), “Selain persiapan dari sisi akademik, tentunya kami juga akan menggembeleng mental peserta  dengan memberikan motivasi, konsultasi belajar dan bimbingan spiritual,” tambah Syarif. [Ali syahbana]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − 4 =