Yayasan Kalla Bangun Kampung Industri Kerajinan Tangan Kreatif

0
832

MediaKALLA.co.id – Komitmen Yayasan Kalla untuk melakukan perubahan dan perbaikan kesejahteraan masyarakat terus digalakkan. Salah satu buktinya dengan berkolaborasi dengan salah satu komunitas anak muda Makassar yakni Aksi Indonesia Muda (AIM). Kolaborasi ini dalam rangka mewujudkan sebuah kampung kota binaan yang dicanangkan menjadi Kampung Industri Kerajinan Tangan Kreatif.

Kampung kota binaan ini terletak di Jl. Dangko, Jongaya Kel. Balang Baru, Kec. Tamalate, Makassar. Kampung ini mayoritas warganya adalah penderita kusta dan beberapa diantaranya mengalami keterbatasan fisik (disabilitas). Hal ini menyebabkan mereka mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan. “Karena itu kami menginisiasi untuk mengadakan perubahan dan meningkatkan taraf hidup warga Dangko dengan berbagai program,” ujar Usluddin salah seorang staf Yayasan Kalla.

Lebih lanjut Usluddin menuturkan bahwa untuk mencapai tujuan tersebut Yayasan Kalla berkolaborasi dengan AIM. “Kami bersama-sama meramu program yang cocok, termasuk diantaranya mencanangkan Dangko menjadi salah satu kampung industri kerajinan tangan kreatif di Makassar,” ungkapnya.

Sementara itu, Adryan yang merupakan Presiden AIM membeberkan beberapa agenda aksi yang telah dilakukannya bersama teman-teman di Dangko adalah pelatihan membuat kerajinan tangan dari bahan bekas, pendirian rumah baca sebagai tempat berlangsungnya proses belajar-mengajar serta sebagai pusat baca dan peminjaman buku bagi anak-anak. “Semua hal tersebut kami lakukan sebagai bentuk komitmen kami untuk memberikan dampak yang terukur bagi masyarakat sekitar,”harapnya.

Dirinya berharap program tersebut bisa berkelanjutan dengan baik dan menjadikan Dangko daerah percontohan bagi daerah lain. Sehingga nantinya jumlah keluarga miskin ataupun perkampungan kumuh dapat berkurang secara signifikan,” terangnya.

Akbar Musfatir selaku koordinator Pendidikan Informal AIM menambahkan bahwa hadirnya Yayasan Kalla sangat membantu percepatan pembangunan Rumah Baca AIM di Dangko. Tahun ini Yayasan Kalla membantu juga dalam pembangunan rumah baca yang lebih luas dan sebuah koperasi guna memfasilitasi warga yang ingin berwirausaha namun kekurangan modal. Kami berharap kedepannya Yayasan Kalla dan Aksi Indonesia Muda bisa melanjutkan jalinan kerjasama dalam mengupayakan terwujudnya Dangko sebagai pusat perkampungan industri kerajinan tangan dan pusat pengembangan pendidikan karakter dan moral bagi anaka-anak,” pungkasnya.[Usluddin]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.