Yayasan Kalla Ajak Menteri PPPA ke Lokasi Binaan

0
461

MediaKALLA.co.id – Yayasan Kalla mengajak Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip.Apling, MA untuk mengunjungi salah satu lokasi binaannya di Makassar. Lokasi yang dimaksud adalah pemukiman warga di Kel. Panambungan, Kec. Mariso. Alumnus Simon Canada Fraser University, British Columbia ini mengadakan lawatan kerja di Makassar, Ahad, 23 April 2017.

Di Panambungan Yohana disambut dengan Tari Padduppa yang ditampilkan oleh anak-anak PAUD binaan Yayasan Kalla. Guru Besar Universitas Cenderawasi ini memilih lebih banyak berdialog dengan ibu-ibu. “Kita bagusnya lebih banyak berdialog, karena saya mau tahu apa permasalahan yang dihadapi Ibu dan anak di daerah ini,”ujarya.

Surti salah seorang warga Panambungan curhat sambil menangis karena sering mendapat kekerasan dari suaminya. “Saya sering dipukul Bu, mana jarang dinafkahi, saya tidak berani lapor karena saya takut anak-anak saya akan menanggung akibatnya,” tuturnya

Yohana dengan tegas menjawab agar Ibu Surti segera melapor ke P2TP2A, layanan terpadu yang melayani perempuan dan anak korban kekerasan. “Ibu harus lapor, biar tim kami nanti yang membantu ibu menyelesaikan masalahnya,” tekannya.

Adapula Nurlaila yang mengaku sebagai buruh bangunan namun tidak digaji dengan layak. “Saya juga dipaksa kerja keras seperti laki-laki, terus upahnya biasa telat dibayarkan dan tidak sesuai dengan harapan,” keluhnya.

Menteri Yohana lalu menyuruhnya menuliskan surat langsung kepadanya. “Ibu tulis surat ke saya, biar nanti kami bisa tangani,” pesannya.

Adapula Bu Maryam yang menyampaikan keluhan tetangganya karena sudah tidak bisa mendapatkan Kartu Indonesia Sehat akibat tungakan iuran BPJS. “Dia sudah tidak bisa dapat layanan kesehatan gratis karena tidak punya kartu KIS Bu Menteri padahal dia sangat miskin,” ujarnya.

“Catat semua nama-nama warga di sini yang tidak punya KIS dan KIP nanti saya daftarkan langsung,” jawab Yohana yang disambut tepuk tangan warga

Dalam kunjungan kerja tersebut, perempuan asal Papua itu memaparkan beberapa program prioritasnya dan menyosialisasikan Undang Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak dan Perempuan. “Saya juga sangat mengapresiasi Yayasan Kalla yang sudah mau care terhadap perempuan dan anak, makasih Bu Fatimah Kalla,” pungkas Yohana. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × four =