Yayasan Hadji Kalla Jalin Kerjasama dengan Perguruan Tinggi di Makassar

0
492

MediaKALLA.co.id – Meningkatkan kemandirian masyarakat menuju kehidupan keluarga yang bahagia, sehat dan sejahtera menjadi visi utama Bidang Community Care and Development Yayasan Hadji Kalla. Bentuk pembinaan, pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa dan kampung kota telah dijalankan tim Yayasan Hadji Kalla 2 tahun terakhir ini.

Salah satu langkah awal untuk mewujudkan program ini yakni bekerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan perguruan tinggi. Tanggungjawab perguruan tinggi sebagaimana yang termaktub dalam Tri Darma salah satunya adalah pengabdian pada masyarakat. Tanggungjawab inilah yang dicoba untuk dikolaborasikan. Yayasan Hadji Kalla sudah mulai menjalin kerjasama antar kampus di Makassar seperti Politeknik Negeri Ujung Pandang, Universitas Islam Makassar dan Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA).

Pihak yayasan berharap mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata ataupun praktek kerja lapangan tidak lagi skeptis dalam membuat kegiatan di lokasi binaan tetapi lebih mengarah ke pemberdayaan masyarakat walaupun dalam jangka waktu yang singkat.

Dr. Yusran Ansyar, MA selaku Ketua Jurusan STIBA menyambut antusias tim yayasan hadji kalla yang berkunjung ke kampus STIBA dalam rangka sosialisasi program pemberdayaan masyarakat. Seharusnya mahasiswa tidak hanya mengembangkan intelektual tetap mampu mengaplikasikan langsung ilmunya ke masyarakat. “Kami bersyukur ada tawaran untuk kerjasama dalam membina masyarakat desa, mengajak mahasiswa turun ke lapangan, merasakan kehidupan di desa dan belajar bersama dalam mengatasi masalah kemanusiaan mulai dari pertanian, pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kepemudaan,” tuturnya.

Selain mensosialisasikan Program Community Care, tim Yayasan Hadji Kalla menyampaikan kegiatan sosial lainnya seperti Kalla Goes to Campus, Kalla Goes to School, dan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi. Tindak lanjut dari sosialisasi ini, yayasan akan menyusun jadwal untuk penempatan mahasiswa yang siap mengabdi ke desa binaan. [Kiky Rezkynawati]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 4 =