Ujian yang Menentukan

0
604

MediaKALLA.Com – Bayangkan Anda baru saja lulus dari Perguruan Tinggi. Kemudian melamar kerja ke perusahaan terbaik di negeri ini. Anda pun mengikuti seleksi. Kemudian semua calon karyawan baru dipanggil oleh Direktur Utama yang juga owner atau pemilik perusahaan untuk diberi pengarahan dan motivasi. Ternyata saat acara tersebut Dirut menyampaikan hal di luar dugaan. Dirut berkata “Selamat mengikuti seleksi di perusahaan ini. Semoga Anda semua dapat diterima perusahaan ini. Tolong perhatikan baik-baik perkataan saya. Anda hanya saya beri waktu selama 1 jam mengerjakan soal ujian. Siapa yang lulus maka akan saya beri imbalan yang luar biasa”.

Apakah imbalannya? Dirut berhenti sejenak dan semua karyawan baru menunggu dengan penasaran. “Imbalannya adalah Anda akan saya berikan gaji terbaik, fasilitas terbaik dan segala yang terbaik sampai akhir hayat Anda. Segala permintaan Anda akan saya penuhi”. Semua karyawan bertepuk tangan kegirangan. Ternyata Dirut masih melanjutkan pengarahannya setelah suasana kembali tenang. “Soalnya Anda kerjakan dengan open book. Buku sumbernya pun sudah disiapkan. Soalnya pun Cuma tiga buah”. Semua karyawan baru tambah kaget dan gembira serta bertekad dalam hati “saya akan mengerjakan soal dengan sebaik-baiknya selama satu jam tersebut agar dapat lulus jadi karyawan sehingga sejahtera sampai akhir hayat”.

Cerita di atas adalah metafora tentang Allah yang menciptakan manusia ke dunia. Hidup dan kematian menurut Allah adalah ujian. Siapa yang lulus, yaitu yang paling baik amalnya.

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”. (Q.S. Al Mulk : 2)

Soalnya hanya tiga yaitu iman, ilmu dan amal. lalu buku pedomannya hanya dua yaitu Al Qur’an dan Sunnah. Open book, bisa dipelajari sambil ujian. Ujian itulah kehidupan kita. Itu semua dilakukan dengan mengerjakan yang diperintahkan dan menjauhi segala yang dilarang oleh Allah. Kemudian di akhir hayat kelak akan diperiksa kualitas hidup dan kerja kita apakah masuk kategori terbaik atau tidak. Jika lulus dan memenuhi Key Performance Indicator maka Allah akan membalasnya dengan surga yang luasnya seluas langit dan bumi dan manusia akan kekal di dalamnya. Di dalam surga akan diberikan nikmat yang luar biasa yang belum pernah terbayangkan di dunia.

Kok hanya satu jam? Memang kita hidup ini hanya sekitar satu jam menurut waktu akhirat. Perhatikan ayat Al Qur’an berikut ini :

 … Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu. (Q.S. Al Hajj : 47)

Jika sehari itu 1000 tahun maka satu jam = 41,67 tahun. Ini waktu efektif dengan asumsi umur rata-rata manusia 78 tahun. Waktu anak-anak 15 tahun sehingga hanya 63 tahun yang dipertanggungjawabkan. Jika sehari tidur 8 jam atau sepertiganya maka umur efektif kita hanya 42 tahun. Sama dengan satu jam di akhirat. Nah, dengan bekerja 42 tahun yang setara 1 jam di akhirat, Allah akan membalasnya dengan imbalan surga untuk selamanya.
Sungguh Allah Maha Pengasih dan Penyayang kepada hamba-Nya yang bertakwa. Apa Key Performance Indicator orang takwa. Perhatikan firman Allah :

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal”. (Q.S. Ali Imran : 133 – 136)

[author image=”http://www.mediakalla.com/wp-content/uploads/2013/05/Syamril1.jpg” ]Syamril : Koordinator Kalla Educare Yayasan Kalla | Human Capital Division Kalla Group – 8 Ramadhan 1434 H[/author]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.