Titik Awal Pemberdayaan UKM

0
632

MediaKALLA.Com – Denyut kewirausahawan begitu terasa dalam balutan kehangatan bernuansa kekeluargaan dalam acara sosialisasi dan Launching UKM Development Program Kalla Group Selasa, 30 Juli kemarin yang dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama. Dalam Kesempatan tersebut berkumpul puluhan pelaku UKM dari berbagai wilayah di Sulawesi Selatan. Mereka dari berbagai bidang usaha yang berbeda duduk bersama dan saling berbagi pengalaman serta wawasan.

Semburat cahaya matahari sore yang menimpa memancarkan semangat dan antusias dari para peserta UKM development Program yang tidak sedikit datang dari luar kota untuk menghadiri acara launching dan sosiallisasi. Tidak hanya dari para peserta, semangat dan optimisme juga terpancar dari pemateri hingga kru untuk bersama maju dan saling bersinergi dalam menyukseskan program demi kemajuan sektor UKM.

Sebagai salah satu dari jejeran negara dengan populasi terbesar di seluruh dunia serta potensi alam yang memadai, Indonesia memiliki kesempatan besar dalam meningkatkan ekonomi melalui UKM. Sebuah sektor usaha yang dinamis serta mampu meyediakan lapangan kerja untuk para pengangguran dengan keterbatasan level pendidikan sehingga tidak bisa melamar di perusahaan yang mensyaratkan level pendidikan tertentu.

Banyaknya UKM yang mendaftar dalam UKM Development program Kalla Group menunjukkan antusiasme yang tinggi serta menyadarkan diri betapa banyaknya UKM di sekitar kita. Hanya saja banyak kendala yang dihadapi UKM sehingga produk-produk mereka kurang dikenal dan belum terpasarkan dengan baik.

Hal ini diungkapkan oleh Imelda Yusuf Kalla dalam sambutannya di acara tersebut.

” Kita tentu menyadari ada banyak sekali UKM namun masih banyak kendala yang dihadapi termasuk kendala modal yang berupa ilmu, wawasan dalam bidang managemen usaha. “

Dalam suasana santai dan hangat peserta akhirnya diberikan kesempatan menyampaikan keluh kesah serta kendala-kendala yang mereka alami dalam berusaha. Masalah yang dihadapi berbeda satu sama lain, inilah yang kemudian akan dirumuskan untuk dicari solusi dan jalan keluarnya. Semua merupakan PR yang harus diselesaikan bersama.

Melalui sambutannya juga Imelda Jusuf Kalla menyampaikan bahwa motto perusahaan adalah maju bersama masyarakat. Selain itu ia juga menyampaikan nilai-nilai yang dianut Kalla Group kepada para peserta UKM development Program termasuk mengenai nilai ‘aktif bersama’. Dengan demikian prinsip dalam program ┬átidak ada yang bertindak pasif dan hanya menerima saja, semua harus aktif bersama.

Setelah mengisi ulang energi dengan Ta’Jil yang telah disediakan, sesi sharing kembali dilanjutkan. Para peserta UKM development program termasuk dari luar kota Makassar saling bertukar ide dan saran untuk langkah program selanjutnya.

Acara ditutup kala adzan Isya berkumandang, meskipun singkat, namun ini baru permulaan. Inilah yang merupakan langkah awal yang dilakukan perusahaan untuk merangkul UKM dan bersama berpartisipasi dalam meningkatkan perekonomian bangsa. (*)

[box type=”info” align=”aligncenter” ]Galeri Foto. Klik untuk memperbesar gambar …[/box]

[complete_gallery id=”7947″ ]

[ani]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven + fifteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.