Tips Merapikan Rumah Pasca Mudik

0
627

MediaKALLA.co.id – Libur lebaran memang menyenangkan, namun seringkali setelah libur kita kembali ke rumah yang kondisinya berantakan atau tidak serapi sebelum ditinggal pergi, apalagi kalau asisten rumah tangga belum kembali. Merapikan seisi rumah terdengar sebagai suatu pekerjaan yang melelahkan, namun kesempatan ini dapat sekaligus dimanfaatkan untuk mengorganisir ulang barang-barang sehingga rumah rapi dan tidak ada lagi yang kebingungan mencari-cari barang saat kita memerlukannya. Berikut beberapa tips yang dapat memudahkan Anda:

  1. Jangan merencanakan sehari penuh untuk menyelesaikan seluruh rumah. Proses ini lebih baik dilakukan sedikit-demi sedikit dan dimulai dari satu area atau satu ruangan terlebih dahulu. Setelah melihat satu area bersih, Anda akan termotivasi untuk membersihkan area sekitarnya. Anda bisa juga membuat jadwal untuk bersih-bersih yang bisa diikuti oleh seluruh keluarga sehingga lebih banyak tangan yang membantu.
  2. Siapkan beberapa kardus yang sudah diberi label, misalnya: “Simpan”, “Buang”, “Sumbangkan”, “Pindahkan”, dan “Sementara” (yang terakhir ini untuk barang-barang yang Anda masih tidak yakin di mana tempatnya, Anda bisa mensortir ulang kardus ini di masa mendatang). Anak-anak bisa diajak untuk membantu proses ini, misalnya dengan membuat permainan mengumpulkan tiga barang yang bisa dimasukkan ke masing-masing kardus. Setelah selesai, segera simpan/buang/sumbangkan barang-barang tersebut, jangan sampai hanya ditumpuk di gudang kemudian terlupakan.
  3. Sortir barang-barang di dalam lemari, rak, dan laci. Jangan menyimpan pakaian yang sudah tidak bisa dipakai lagi, dokumen lama, dan makeup atau obat yang sudah kadaluarsa.
  4. Atur dan simpan semua barang di tempat yang mudah diingat. Internet menyediakan banyak sumber ide yang dapat dicoba, misalnya cara menyimpan tas dengan praktis, cara menyimpan kabel agar tidak tercampur satu-sama lain, sampai merapikan lemari dapur agar lebih mudah mengambil peralatan masak.
  5. Mulailah dari diri sendiri. Jika Anda berdisiplin untuk menaruh kembali semua barang pada tempatnya, Anda akan memberi contoh pada anggota keluarga atau teman serumah, terutama anak-anak, untuk terbiasa hidup rapi.
  6. Yang terakhir, untuk mencegah barang-barang yang tidak terpakai bertumpuk lagi, Berhati-hatilah saat berbelanja, jangan tergoda dengan tawaran barang murah atau gratis yang sebenarnya tidak diperlukan. [Dion Muflia]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.