Tips Mengelola THR dengan Bijak

1
541

MediaKALLA.co.id – Bulan Ramadhan membawa berkah tersendiri bagi pekerja kantoran. Pasalnya, jelang Hari Raya Idul Fitri, mereka mendaptkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang besarannya 1 kali gaji. Tentu ini bisa menciptakan keamanan finansial di tengah daftar pengeluaran jelang lebaran yang cukup menguras kantong. Namun kita harus berhati-hati dalam mengelolanya, jangan sampai langsung dihabiskan lalu menyesal di kemudian hari. Berikut tips-tips mengelola THR dengan Bijak:

  1. Rencanakan anggaran.
    Buat secara rinci baik jumlah, estimasi harga, termasuk daftar saudara dan keponakan yang ingin diberikan hadiah. Jangan lupa jatah THR untuk pegawai/asisten rumah tangga, dll. Daftar belanja akan membuat pengeluaran lebih terkontrol.
  2. Tentukan skala prioritas.
    Skala prioritas bisa diukur dari kewajiban yang harus segera dibayarkan dan mana yang bisa ditunda. Jika punya utang, bisa segera dilunasi guna mengurangi beban keuangan.
  3. Alokasikan zakat dan sedekah.
    Membayar zakat dan sedekah adalah salah satu prioritas utama yang harus dilakukan. Jika perlu, sisihkan dana untuk kurban, karena jumlahnya juga tidak sedikit.
  4. Jangan gunakan kartu kredit.
    Kontrol pengeluaran Anda jika menggunakan kartu kredit.
  5. Gunakan ilmu perbandingan.
    Jika ingin berbelanja, gunakan ilmu perbandingan antara barang yang diinginkan dengan barang sejenisnya. Label diskon belum tentu lebih murah atau lebih baik.
  6. Maksimalkan tabungan dan investasi.
    Tetap mawas diri untuk tidak lupa berhemat dan tetap menabung. menabung sebaiknya tidak pernah dihentikan walaupun jumlahnya tidak stabil. [Dion Muflia]

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.