Tim Kecil ciptakan Kontribusi Besar

0
632

MediaKALLA.com – Dunia kerja saat ini dipenuhi berbagi intrik, mulai dari persaingan, kelicikan, kepicikan hingga saling menjatuhkan. Hal ini membuat kita musti selektif dalam memilih teman; bukan yang manis dihadapan kita tapi sibuk mengasah pisau untuk menusuk kita dari belakang.  

Sebaliknya pertemanan yang baik, khususnya dalam dunia kerja sejatinya merupakan wadah kontrol. Di mana kita dapat saling mengingatkan dan memberikan sumbangsih positif untuk perbaikan diri pribadi dan demi kepentingan dan kemajuan perusahaan/ tempat kerja. 

Untuk itu, tidak ada salahnya jika dalam sebuah perusahaan membentuk sebuah tim kecil. Hal ini dapat dijadikan sebagai wadah silaturrahmi untuk menjaga hubungan emosional dan kekeluargaan yang lebih kental. 

Bahkan tim kecil ini bisa saja memberikan kontribusi yang besar terhadap perusahaan jika masing masing saling menasehati, saling membantu, mengingatkan jika ada kekeliruan, menguatkan yang lemah, serta saling melengkapi kekurangan. 

Pembentukan tim semacam ini tak hanya harus berlandaskan kesamaan kepentingan saja tentunya, justru suatu pertemanan akan semakin berwarna  jika tiap anggota tim berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda beda. Ini malah dapat menjadikan tim semakin berwarna dankaya akan ide ide cemerlang.  

Lagi pula Basic ilmu yang berbeda jika disatukan, akan menghasilkan suatu ilmu yang lebih baik. Artinya ada pola pergaulan dan etika yang dibangun dari hubungan itu untuk menciptakan suasana yang lebih kental dan lebih emosional untuk bisa bekerja serta tidak pernah menghambat urusan pekerjaan. 

Manfaat positif nyata yang dapat ditemui dalam pertemanan yang sehat, misalkan ketika kita mendapatkan sebuah proyek besar. Ini dapat diselesaikan bersama dengan menggabungkan ide dan membuahkan hasil yang maksimal, hingga hasil yang dituai pun dapat dinikamati bersama, dibagi bersama.  

Pada intinya, setiap orang bebeas memilih dengan siapa ia akan berteman. Serta, dibanding sibuk memupuk keirihan untuk menjatuhkan teman tentu jauh lebih baik kita memupuk persaudaraan untuk maju bersama dalam perusahaan serta menjadikan tim kecil kita menjadi wadah motivasi untuk bersaing menghadapi era yang akan datang.  Pun, terus menurunkan hubungan kekeluargaan itu hingga mengalir sampai ke anak cucu. (*)

[author image=”http://www.mediakalla.com/wp-content/uploads/2013/08/karyawan-jamsir-620×330.jpg” ]Jamsir Djafar | Coorporate Tax Department Head Kalla Group PT Haka Sarana Investama. [/author]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.