Tim DBS Yayasan Kalla Lakukan Pemetaan Air Bersih di Jeneponto

0
696

MediaKALLA.co.id, Tolo Timur, Jeneponto – Tim Desa Bangkit Sejahtera (DBS) Yayasan Kalla melakukan survei dan pemetaan air di Kel. Tolo’ Timur, Kec. Kelara, Kab. Jeneponto. Pemetaan ini dilakukan karena mengingat kondisi di daerah tersebut termasuk daerah yang rawan kekeringan. Makanya perlu adanya  persediaan air bersih untuk keperluan masyarakat setempat. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, Kamis-Jumat, 14-15 April 2016.

Andi Akbar salah seorang tim DBS menuturkan bahwa untuk melaksanakan kegiatan ini DBS berkolaborasi dengan sejumlah mahasiswa dari Program Studi Ilmu Tanah, Universitas Hasanuddin. “Nantinya hasil survei dan pemetaan ini bisa menjadi acuan bagi pemerintah dan masyarakat untuk pipanisasi dan pengaturan penggunaan air,” jelasnya.

Akbar memaparkan bahwa pemetaan dilakukan di 2 titik sumber air di lokasi. Lokasi sumber air yang pertama berada di lingkungan Tolo’ Loe yang masyarakat sekitar menyebutnya “Salo Lompoa“. “Sumber air ini berada di ketinggian 240 mdpl dan ada 3 Titik mata air dengan debit 4.2 liter/hari. Diperkirakan mampu dimanfaatkan sebanyak 400 sampai 500 KK dengan asumsi 100 liter/orang  dalam satu hari ,” bebernya.

Lokasi kedua berada di Lingkungan Passaukang dengan ketinggian 290 mdpl. Debit air lebih besar dibandingkan di lingkungan sebelumnya. Di lokasi ini ditemukan 4 titik mata air dengan kecepatan arus bervariasi. “Jika empat titik mata air ini disatukan dalam satu bak  penampungan, besar debit air yaitu 6.24 liter/s dan mampu mengalirkan air sekitar 1078 KK dengan asumsi 100 liter/orang dalam satu hari,” kata Agham Mahasiswa Ilmu Tanah Unhas yang turut serta dalam pemetaan air tersebut.

Sementara itu, Camat Kelara, Sahabuddin Sitori, S.E., sangat mendukung penuh program yang dicanangkan oleh Tim DBS. “Saya berharap hasil pementaan dan survei nanti bisa segera direalisasikan, pemerintah dan masyarakat akan membantu dalam pelaksanaan pembangunan penampungan air dan instalasinya ketika dibutuhkan,” ucapnya. [Akhsan]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.