Tim DBS Pammusureng Tanam Padi dengan Sistem Legowo

0
609

MediaKALLA.co.id, Pammusureng, Bone – Tim Desa Bangkit Sejahtera (DBS) yang bertugas di Desa Pammusureng, Kab. Bone mengajak warga setempat untuk menanam padi dengan sistem legowo. Kegiatan ini berlangsung pada, Senin, 2 Mei 2016. Kami menanam dengan bantuan tali sebagai alat ukur anatara jarak dan barisan pada tanaman padi.

Sistem legowo mengajarkan menanam padi dengan cara menyamping ataupun mundur mengikuti alur tali yang telah dipasang sebelumnya. Ada 3 – 5 batang dalam pertiap rumpun padi. Jarak barisan antara barisan padi yang satu dengan yang lain berkisar 25 – 30 cm dengan jarak tanam padi yang satu dengan padi yang lain berkisar 1 jengkal tangan orang dewasa.

Teknik ini telah diterapkan dibeberapa daerah di Jawa dan terbukti hasil bulirnya lebih banyak 30% daripada menanam dengan sistem tabur. Sebelum melakukan penanaman padi dengan sistem legowo, Tim DBS Yayasan Kalla bersama penyuluh setempat terlebih dahulu melakukan workshop pelatihan di Bulan Maret lalu. Tujuan agar masyarakat bisa mengubah pola pikir mereka yang terbiasa menanam dengan sistem tabur beralih ke sistem legowo.

Selain menghasilkan bulir padi yang lebih banyak, keuntungan lain dari menanam dengan sistem legowo juga mempermudah para petani untuk mengontrol/mengendalikan hama seperti gulma dan tikus. Ini dikarenakan ada jarak tanam antara padi yang satu dengan yang lainnya. Dengan jarak tanam padi tersebut dapat mempermudah penyinaran matahari secara merata pada tanaman padi dan mempermudah para petani pada saat pemupukan tanpa harus menginjak padi.[Citizen Report]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.