Tim DBS Abbumpungeng Gagas Pembentukan Koperasi Desa

0
751

MediaKALLA.co.id, Abbumpungeng, Bone – Sabtu, 30 April 2016, Tim Desa Bangkit Sejahtera (DBS) Yayasan Kalla mengadakan penyuluhan dan pembentukan Koperasi di Desa Abbumpungeng, Kec. Kajuara, Kab. Bone. Abbumpungeng adalah salah satu desa yang hingga kini belum memiliki koperasi atau badan usaha. Kegiatan yang dilaksanakan di balai desa dihadiri sejumlah pejabat desa dan masyarakat.

Penanggungjawab kegiatan, A Aswad Akbar mengatakan selama ini di Desa Abbumpungen tidak memiliki koperasi yang mengelolah mengelola hasil pertanian, sehingga pendapatan masyarakat setiap tahunnya tidak menentu karena tidak adanya kejelasan harga. “Maka dari itu kami menggagas dan berkordinasi dengan kepala desa dan tokoh masyarakat untuk membentuk koperasi ini,” jelasnya.

Kegiatan diawali dengan penyuluhan tentang manajemen dan fungsi koperasi yang dibawakan oleh Bapak Andi Taslim selaku Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan Wilayah Bone Selatan. Beliau menyampaikan tujuan dibentuknya koperasi dalam desa, fungsi dan peran anggota koperasi serta struktur pengurus yang dibutuhkan dalam pengelolaan suatu koperasi. “Koperasi mempunyai peran penting bagi pengembangan ekonomi masyakat, seperti penyaluran sarana produksi, pengadaan pangan yang mengarah pada keswadayaan masyarakat dan anggotanya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Abbumpungeng, Andi Muh. Ridha Kadir, SSos dalam sambutannya berharap setelah kegiatan penyuluhan ini segera terbentuk koperasi di Desa Abbumpungeng. “Ini tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan mendorong peningkatan perekonomian desa,” ujarnya.

Para peserta sangat antusias mengikuti penyuluhan terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang muncul ketika sesi tanya jawab. Peserta umumnya menanyakan tentang aturan main dalam berkoperasi yang benar agar tidak mengikuti jejak koperasi yang mati suri di wilayah Kabupaten Bone. Setelah materi penyuluhan, dilanjutkan dengan pembentukan pengurus koperasi dengan musyawarah. Hasilnya, Andi Akmal diamanahkan sebagai ketua dengan nama yang disepakati Koperasi Tani Abbumpungeng Bangkit Sejahtera. [Kiki Reskynawati]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.