The Great People : Winner – Driver

0
1273

MediaKALLA.com – Pada tanggal 8 November 2012 Pak Rhenald Kasali mengisi seminar “Berubah untuk Maju” dalam rangka ulang tahun  Kalla Group ke 60. Inti materi beliau yaitu menghadapi masa depan dengan mindset winner – driver. Pada pemaparannya Rhenald Kasali menjelaskan tentang winner – looser dan apa ciri-cirinya (telah dibahas pada tulisan Winner – Looser). Pada artikel ini akan dilanjutkan dengan Winner – Driver sebagai gambaran Great People dengan mind set – winner dan leadership – driver.

Berdasarkan aspek mind set dan driver manusia dapat dibagi menjadi 4 kategori yaitu :

  1. WEAK (lemah) ; yaitu orang-orang yang mind set nya  loser (pecundang) dan leadershipnya passanger (penumpang). Orang ini cenderung paradigma hidupnya negative. Karena secara leadership dia puga lemah, hanya jadi penumpang maka dia juga tidak bisa mempengaruhi sekitarnya. Jadi paradigma negatifnya hanya merusak dirinya sendiri.
  2. PROVOCATOR (provokator) ; yaitu orang-orang yang mind set nya loser (pecundang) dan leadershipnya driver (pengemudi). Orang ini selain paradigma hidupnya negative dia juga mempengaruhi sekitarnya menjadi negative sehingga disebut provokator.
  3. MEDIOCRE (rata-rata) ; yaitu orang-orang yang mind setnya winner (pemenang) namun belum bisa mempengaruhi sekitarnya karena secara leadership dia passanger (penumpang).
  4. GREAT (hebat) ; yaitu orang-orang yang mind setnya winner (pemenang) dan dapat mempengaruhi sekitarnya agar juga menjadi pemenang karena leadershipnya dia seorang driver.

Jika kita mencoba melihat karyawan atau orang-orang yang ada di sekitar kita, maka mereka semua dapat dipetakan pada 4 kategori tersebut. Mana yang terbaik? Mana yang terburuk? Untuk menjawabnya perlu dilihat dampak yang ditimbulkan. Terbaik yaitu orang yang dampaknya memberi manfaat dan kebaikan kepada lingkungannya. Terburuk yaitu orang yang dampaknya membahayakan kepada lingkungannya. Dengan dasar ini maka yang terbaik adalah GREAT dan terburuk adalah PROVOCATOR.

Tentu kita ingin agar semua atau mayoritas karyawan berkategori GREAT. Bagaimana caranya? Lakukan perubahan pada dua sisi yaitu mind set dan leadership. Tentu tergantung kondisi awal masing-masing orang. Dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Jika dia kategori WEAK maka dua langkah yang dilakukan yaitu mind set change (mengubah mind set) dari loser ke winner serta mengembangkan leadership dari passanger ke driver.
  2. Jika dia kategori PROVOCATOR maka perlu diubah mind setnya menjadi winner.
  3. Jika dia kategori MEDIOCRE maka kembangkanlah leadershipnya.

Jika sudah masuk kategori GREAT maka berikanlah peluang padanya dengan promosi pada tugas atau amanah yang lebih besar sehingga manfaatnya kepada organisasi dan masyarakat juga lebih besar. [mk]

Syamril 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.