Telan Anggaran Rp 1,3 M, Ini Pencampaian Program DBS Yayasan Kalla

0
791

MediaKALLA.co.id – Program Desa Bangki Sejahtera (DBS) yang merupakan salah satu program unggulan Yayasan Kalla telah memasuki tahun kedua. Program Desa Bangkit Sejahtera memiliki tujuan yakni mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat Desa atau Kelurahan melalui pengembangan potensi unggulan, penguatan kelembagaan, dan Pemberdayaan Masyarakat.

Pada tahun keduanya, program ini menambah 10 desa binaan baru. Sebelumnya hanya satu desa saja. “Pemilihan desa berdasarkan hasil survei yang kami lakukan selama 3 bulan,” ujar Kordinator Community Development Yayasan Kalla, Hakim Dg Alle.

Kesepuluh desa tersebut yaitu; Desa Bontomanai Kec. Tompobulu, Maros, Desa Pucak Kec. Tompobulu, Maros, Desa Abbumpungeng, Kec. Kajuara, Bone, Desa Bana’, Kec. Bontocani’, Bone, Desa Pammusureng, Kec. Bontocani’, Bone, Desa Pa’ladingan, Kec. Bontolempangang, Gowa, Kelurahan Cikoro’, Kec. Tompobulu’, Gowa, Desa Ujung Bulu’. Kec. Rumbia, Jeneponto, Desa Tolo’ Timur, Kec. Kelara’, Jeneponto, Desa Bontolebang, Kec. Kelara’, Jeneponto.

Sejak tahap kedua diluncurkan yakni pada Juni 2015 hingga Desember 2015 telah terealisasi beberapa program seperti; jumlah kelompok tani yang telah dilatih dan aktif sebanyak 17 kelompok dengan rata-rata jumlah anggota tiap kelompok 5-20 petani. “Satu diantara kelompok tersebut adalah kelompok wanita tani,” ucap Hakim.

Adapun luas lahan pertanian sebagai percontohan yang telah dikelola seluas 1.48 Hektar. Hasil panen bawang merah di empat desa sebanyak 2750 kg dengan bantuan bibit sebanyak 465 kg. Potensi lahan pengembangan program pertanian seluas 28 hektar. Jumlah guru yang telah mengikuti workshop sebanyak 180 orang. Jumlah TK/TPA yang didampingi sebanyak 44 dengan jumlah santri 1451 orang. Jumlah guru TK/TPA yang telah dilatih dan sebagian diantaranya diberikan insentif sebanyak 87 ustaz/ustazah. “Setiap desa juga telah berdiri satu taman baca, dimana koleksi buku-bukunya diperoleh dari bantuan perpustakaan, siswa dan guru Sekolah Islam Athirah Makassar,” terang Hakim.

Dari keseluruhan program tersebut jumlah dana yang telah digelontorkan Yayasan Kalla Rp 1.317.480.278. “Ini untuk membiayai program selama 6 bulan dari Juni hingga Desember 2015,” pungkas Hakim. [Azhar/Diolah dari laporan program]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen + thirteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.