Siswa Athirah Bone Bawakan Kultum Berbahasa Inggris

0
775

MediaKALLA.co.id, Panyula, Bone – Siswa Sekolah Islam Athirah Boarding School Bone secara bergiliran membawakan kultum tiap selesai Shalat Dhuhur dan Azar. Uniknya, dalam membawakan kultum mereka diwajibkan menggunakan Bahasa Inggris dan Arab.

Bahan kultum yang dibawakan diharuskan bersumber dari Al Qur’an dan dikombinasikan dengan hadist-hadist. Seperti pada, Selasa, 26 Maret 2016 giliran Gian Septiawan yang membawakan kultum. Siswa Kelas VIII Arrafi’ ini membawakan materi Jual Beli yang Haram. Menurutnya, jual beli merupakan bentuk dasar dari kegiatan ekonomi manusia.”Islam telah mengatur kegiatan ekonomi ummat Islam melalui proses jual-beli,” ujarnya.

Gian menyebutkan Islam mengharamkan jual-beli bangkai, khamr, babi, patung dan lain sebagainya yang bertentangan dengan syariah Islam. “Islam juga melarang jual-beli dengan cara menipu, misalnya memanipulasi seakan-akan barang tersebut sangat berharga dan berkualitas padalah tidak,” ucapnya.

Kesimpulannya menurut Gian, hukum jual beli diperbolehkan oleh agama, namun agama telah mengatur jual beli sedemikian rupa supaya tidak ada kecurangan didalamnya. Sehingga jual beli itu bisa melahirkan kemaslahan bagi umat. “Maka dari itu setiap umat Islam harus mematuhi hukum Syariah dari jual beli,” pungkasnya.

Kegiatan kultum seperti ini juga dilaksanakan ba’da Shalat Azar dan Shubuh. Sementara setelah Shalat Magrib ada kegiatan tafiz dan setelah Isya belajar di asrama. [Azhar]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.