Siasat Sukses di Dunia Kerja adalah Jujur dan Hormat

0
398

MediaKALLA.co.id – Saat ini, wanita diharapkan untuk lebih berperan lebih aktif dalam mencapai posisi dan jabatan idaman di kantor. Sebab, jika dulu banyak profesi pria yang dilakukan oleh wanita. Sekarang, malah semakin banyak profesi wanita yang bisa dikerjakan oleh pria.

Selain memiliki kemampuan dan kreativitas, dunia kerja juga menuntut karyawan untuk memiliki perilaku diri yang terpuji dan tanpa cela. Sebab, jujur saja, tidak ada perusahaan yang berminat mempertahankan karyawan yang memiliki reputasi buruk, baik saat berada di dalam dan di luar kantor.

Nah, berikut ini beberapa kiat praktis dalam menjaga reputasi perusahaan demi peningkatan kinerja dalam berkarier:

Jujur
Usahakanlah untuk selalu jujur dalam berucap dan bertindak. Sebab, kebohongan dan intrik kotor dalam bekerja merupakan sinyal kelemahan dan minim kemampuan kerja. Menurut Michael Kerr, seorang business speaker dan penulis buku You Can’t Be Serious! Putting Humor to Work, kejujuran seorang karyawan sudah terlihat dari awal wawancara, tetapi lingkungan dan politik kantor bisa mengubah seseorang yang jujur menjadi pembohong. Untuk itu, Kerr menyarankan, Anda boleh saja fleksibel mengenai hal lain tapi Anda harus memiliki prinsip kuat dalam mempertahankan kejujuran.

Jaga semangat kerja
Banyak karyawan yang mengalami penurunan kinerja karena tuntutan dan beban pekerjaan. Untuk itu, berikan batasan tegas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Anda mesti bersenang-senang di luar waktu kerja. Menurut Kerr, kebahagiaan pribadi dapat memberikan pengaruh positif pada kinerja di kantor.

Berpikiran terbuka
Bekerja jangan melulu mengharapkan pujian, tapi terbuka jugalah pada kritik dari lingkungan sekitar. Anda adalah manusia dewasa yang tentunya bisa membedakan kritik membangun dan kritik yang menjatuhkan. Jadi, saring kritik positif sebagai acuan untuk melesat menuju posisi dan jabatan yang lebih tinggi di masa depan. 

Sikap menghormati
Menghargai hasil karya orang lian merupakan salah satu upaya dalam membangun keserasian dan kerukunan sosial antar sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa menumbuhkan sikap menghargai karya orang lain dan menghormati merupakan sikap terpuji yang akan Anda “panen” di kemudian hari. Hormatilah orang lain sebagaimana Anda ingin dihormati.

Sumber : http://female.kompas.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 + nine =