Siapkan Dirimu Hadapi MEA

0
609

MediaKALLA.co.id – Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) sudah di depan mata. Mahasiswa sebagai generasi pemimpin bangsa, diharapkan segera mempersiapkan diri sejak dini. Selain untuk menghadapi era persaingan tersebut juga untuk memasuki dunia kerja maupun wirausaha.

Hal tersebut dipaparkan Kepala Cabang PT Hadji Kalla (Kalla Toyota) Alauddin, Wahab Ramli, dihadapan 200-an peserta Enterpreneur Fest Unismuh, Sabtu, 26 Maret 2016. Kegiatan yang dihelat Yayasan Kalla bekerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Universitas Muhammadiyyah Makassar tersebut berlangsung di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh dengan mengambil tema, “Pemuda Indonesia Juara MEA.”

Wahab Ramli memaparkan ada 11 kelompok bidang usaha yang akan menjadi target MEA salah satunya diantaranya adalah bidang otomotif. “Di Indonesia, bidang otomotif adalah salah satu bidang yang paling siap menghadapi MEA, karena salah satu sentranya adalah Indonesia,” katanya.

Ke depannya, Wahab mengharapkankan mahasiswa dapat berpartisipasi dalam langkah pemerintah untuk meningkatkan angka pengusaha di Indonesia menjadi  dua persen. “Pak Iskandar Cita sebagai salah satu pengusaha sukses yang masih muda, yang berani berinovasi membuka usaha setelah kuliah bisa menjadi contoh dan teladan bagi mahasiswa dalam memulai langkah menjadi pengusaha,” ujarnya.

Wahab Ramli mencontohkan Kalla Group sebagai profil sukses perusahaan yang berangkat dari usaha kecil di Bone menjadi perusahaan nasional. Ruh Kalla Group berangkat dari usaha sederhana yang dirintis oleh almarhum Hadji Kalla. Beliau punya prinsip bahwa kalau mau usaha maju, maka kita harus terlebih dahulu memajukan masyarakat. Prinsip ini diteruskan kembali oleh Pak Jusuf Kalla sampai dengan Direktur yang sekarang , Bu Fatimah Kalla. “Kalla Group, dalam praktek bisnisnya, juga berusaha memberdayakan masyarakat melalui kegiatan kegiatan sosial yang dikelola Yayasan Kalla,” bebernya.

Selain Wahab Ramli, pemateri lain yang dihadirkan adalah Iskandar Cita (Owner Kampung Merdeka) dan Daeng Faqih Faturrahman (Praktisi Media Sosial). [Ahmad Ali Syahbana]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.