Sering Beda Pendapat dengan Rekan Kerja, Ini Trik Menyiasatinya

0
726

MediaKALLA.co.id – Terkadang terjadi perbedaan pendapat dengan orang-orang di sekitar Anda termasuk rekan kerja dalam memandang suatu masalah. Hal itu sangatlah wajar karena masing-masing punya pemikiran yang berbeda dan setiap orang berhak untuk memiliki pendapat sendiri. Lalu, bagaimana tetap menjaga hubungan baik dengan rekan kerja meski sering berbeda pendapat?. Berikut tipsnya.

1. Tunjukkan rasa hormat dan menghargai

Tunjukkan bahwa Anda bersedia untuk memahami dan mengerti sudut pandang orang lain. Katakan kalimat seperti, “Jika pemahaman Anda benar, maka kalau saya …” dalam berargumentasi. Sehingga terkesan setuju, namun tetap bisa mengemukakan pendapat Anda sendiri.

2. Jangan terlalu berambisi

Jangan berargumentasi untuk menang. Anda mungkin akan memenangkan argumen, tetapi akan kehilangan kepercayaan. Rendahkan volume suara Anda. Menempatkan penekanan kata-kata pada masalah yang benar-benar ingin Anda dengar penjelasannya dengan lebih lengkap.

3. Berilah solusi

Katakan setuju untuk mengatakan beda pendapat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi emosi, agar solusi ditemukan. Atau tanyakan kembali apa ada pendapat lain untuk mengatasi permasalahan. Jangan mendikte, ini sangat sensitif. Jika suasana diskusi mulai bergerak ‘memanas’, biarkan dingin dulu sebelum Anda lanjutkan untuk memberi solusi beda pendapat tersebut. [Azhar/Dari belbagai sumber]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.