Seperti Bintang-bintang di Langit

0
643

MediaKALLA.com – Seringkali sebuah perubahan besar berawal dari gagasan sederhana yang kemudian diwujudkan dalam tindakan-tindakan kecil. Bahwa sebuah ide mempunya tentakel untuk menggapai perubahan. Namun tanpa action (tindakan) sebuah idea hanya akan terperangkap dalam lemari sejarah dan kehilangan momentum untuk berdetak dalam jantung perubahan. (Yusran Darmawan)

Persaingan bisnis yang semakin ketat dan keras mengharuskan manajemen perusahaan untuk tanggap melakukan transformai bisnis. Momentum satu dekade PT. Bumi Jasa Utama merupakan titik balik menjadi perusahaan terkemuka di bisnis transport. Momentum untuk mentransformasi diri menjadi lebih baik dan lebih cepat dalam segala aspek. Hal ini ditangkap baik oleh PT. Bumi jasa Utama yang telah mentransformasi dirinya tidak sekedar bisnis rental tapi melebar ke bisnis transport dan logistik.

Ibarat sebuah lompatan diperlukan sebuah pijakan dan langkah kaki yang kokoh untuk mengapai tujuan. Tahun 2013 PT. Bumi Jasa Utama sebuah perusahaan transport dari Makassar seperti terlahir kembali (reborn) untuk menatap persaingan. Kehadiran perusahaan autobus Cahaya Bone yang mengusung bisnis tranport dan meleburnya bisnis Logistik menambah kekuatan PT. Bumi jasa Utama dalam mengarungi samudera persaingan bisnis. Dengan branding baru Kalla Transport, PT. Bumi Jasa Utama mantap menyongsong perubahan.

Cahaya Bone merupakan pionir transportasi darat di jazirah Sulawesi. Kehadiran Cahaya Bone telah banyak memberikan kemanfaatan sosial ekonomi bagi masyarakat di pulau Sulawesi, Cahaya Bone memangkas sekat dan jarak serta menjadi pijar bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah Sulawesi. Ini sebuah aset yang berharga untuk dikembangkan.

Meniru Samsung

Dalam buku Mestakung karya Yohanes Surya disebutkan bahwa ketika kita melakukan usaha sangat keras dengan bersungguh-sungguh yang dilandasi kerja profesional maka alam semesta akan bekerja membantu kita.

Dengan tiga pilar bisnis (rent, transport dan logistik) tidak berlebihan bisnis rental masih jadi primadona. Secara nasional PT. Bumi Jasa Utama masih terus mengejar beberapa perusahaan yang terlebih dahulu eksis. Dalam bisnis ada sebuah ungkapan yang mengatakan “pesaing anda adalah guru terbaik anda”. Saya ingat, sebuah perusahaan elektronik yang kalah pamor dari Toshiba, Sony, Sonya, Panasonic dan lain-lain, namun kini menjadi perusahaan elektronik nomor satu dunia. Bahkan karena dia, beberapa raksasa elektronik di Jepang gulung tikar dan memecat ribuan karyawannya. Tidak hanya di elektonik mereka mampu unggul di pasar smartphone, membuat raja dari Skandinavia (Nokia) dan master dari Kanada (Blackberry) perlu menata ulang bisnisnya yang terancam kolaps, perusahaan itu adalah raksasa dari semenanjung Kosan, Samsung dari Korea, si peniru ulung dan pemberi harga terbaik. Jangan pernah minder dengan ketertingalan, namun jadikan cambuk untuk mengejar. Kekuatan pesaing kita adalah keuntungan bagi kita, pelajari ambil yang baik dari mereka.

Seorang motivator ulung berkata” “Semua prestasi, semua kekayaaan yang diperoleh, bermula berawal dari gagasan’ (Napoleon Hill). Gagasan melahirkan sebuah inovasi. Inovasi tidak melulu berarti sebuah penemuan. Perubahan pola kerja dan alur kerja yang lebih efektif dan efisien bisa jadi merupakan inovasi. Inovasi adalah kata yang menggerakkan peradaban manusia dari masa ke masa. Bagi perusahaan inovasi bukan sekedar basa basi, mereka berlomba membuat terobosan dan pembaruan produk setiap saat. Inovasi adalah alirah darah segar yang membuat bisnis terus berdenyut, lalai dalam inovasi maka bersiap mengucapkan selamat tinggal pada persaingan (Kompas cetak 29-11-13).

Pembaruan produk Kalla Transport bentuk kecil inovasi yang terus bergulir sepanjang tahun 2013. Salah satu inovasi kecil dari produk Kalla transport adalah sewa rental kendaraan per jam plus driver (supir). Contoh lain sebuah inovasi bisa dilihat pada perusahaan BNI 46, kalau kita melakukan transaksi di perusahaan plat merah tersebut kita hanya diberi nomor antrian. Di Nomor antrian tersebut kita diminta mengisi transaksi setoran, transfer atau penarikan. Cukup sederhana  bukan! Hal yang berbeda dengan perbankan yang lain. Apa hasilnya, BNI bisa melakukan transaksi yang efisien dan efektif, mereka mampu menghemat biaya. Tahun 2012 mereka mencetak laba 2 tilliun lebih salah satu dari penghematan kecil seperti diatas. Hal yang sama bisa diterapkan di perusahaan lainnya, dengan prinsip papaerless document yaitu meminimalkan penggunaan kertas dll.

Jari-Jari Kokoh

Dalam salah satu dialog di film bollywood “Taare Zameen Par” yang artinya seperti bintang-bintang dilangit disebutkan tentang kisah di Kepulauan Solomon dimana masyarakat di pulau itu jika ingin memotong kayu mereka tidak menggunakan peralatan mesin seperti pemotong kayu, yang mereka lakukan hanya berkumpul mengitari pohon-pohon itu lalu mengutuk dan melaknat pohon itu, beberapa hari kemudian pohon itu akan layu dan mati. Saya tidak ingin membahas mendalam film ini yang bagi saya salah satu film Bollywood terbaik. Yang ingin saya sampaikan bahwa Pohon itu adalah karyawan dan rakyat itu adalah manajemen perusahaan. Menghardik karyawan berarti anda telah membunuh kreatifitasnya, mematikan semangat kerjanya. Sebaliknya merperlakukan karyawan dengan baik ibarat anda sedang memahat sebuah mahakarya yang agung, kelak nilainya sangat mahal.

Satu elemen yang utama dalam lompatan bisnis adalah karyawan (human resources). Karyawan adalah batu bara yang menjadi energi pembakar lokomotif bernama perusahaan. Seringkali kita mendengar sebutan bahwa tidak ada anak yang bodoh mereka adalah unik, maka hal yang sama berlaku bagi karyawan. Tidak ada karyawan yang bodoh mereka semua punya bakat yang berbeda. Ibarat jari-jari kita tidak satu pun yang sejajar atau sama tinggi namun kelima jari-jari tersebut adalah satu kesatuan yang kokoh dan kuat.

Bintang dari segala keberhasilan adalah karyawan. Mereka adalah bintang-bintang di langit. Kuncinya adalah menjadikan karyawan adalah aset bukan mesin. Pemberian insentif salah satu hal baik yang memacu kerja karyawan untuk terus berkarya. Karyawan yang baik yaitu yang mampu mengupgrade ilmunya, terbuka atas perubahan dan menyerap ilmu yang datang dari luar serta tidak silau dengan jabatan dan harta.

Bagi orang tahun 2014 adalah tahun yang serba baru: presiden baru, anggota dewan yang baru, juara dunia baru, di Makassar akan ada walikota baru, tidak berlebihan jika 2014 bagi Kalla Transport adalah cara kerja yang baru, pola pikir yang baru serta semangat yang baru. Menurut penulis novel fenomenal Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Prof Buya Hamka “Bahwa seseorang yang tidak memperbaruhi cara kerjanya yang tidak menghasilkan sama saja dengan orang yang memerah jerami untuk mendapatkan santan”, jadi masihkah anda terlena dengan kerja yang tidak menghasilkan?

Dengan kerja keras dilandasi kerja amanah dan profesional di tahun 2014 Kalla Transport tetap memancarkan cahayanya seperti bintang-bintang dilangit. 

Penulis : Indra Sastrawat [Karyawan PT BJU]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.