Seminar Maju Bersama Raih Impian dengan The Kalla Way

0
496

PT. Hadji Kalla pada tanggal 18 Oktober 2011 ini memasuki usia 59 tahun. Suatu rentang usia yang tidak bisa dibilang pendek untuk ukuran sebuah perusahaan nasional. Perusahaan ini termasuk perusahaan yang didirikan di masa-masa awal kemerdekaan ketika Indonesia masih sangat belia di tahun 1952. Tidak banyak perusahaan nasional yang bisa bertahan sedemikian lama. Bahkan di tingkat internasional pun jumlah perusahaan yang dapat memasuki usia emas 50 tahun masih tergolong minoritas. Salah satu pertanyaan yang muncul adalah mengapa perusahaan ini bisa bertahan sekian lama dan berkembang?

Keberadaan suatu perusahaan seringkali dikaitkan dengan keberadaan tokoh atau pemimpinnya. Perkembangan perusahaan di samping karena keahlian para pemimpin dan manajemennya dalam mengendalikan perusahaan, tetapi juga karena watak dan karakter para pemimpin tersebut yang kemudian berkembang menjadi nilai-nilai perusahaan. Karakter dan nilai-nilai yang diyakini oleh si pendiri atau pemimpin tetap terjaga dan terpelihara menjadi nilai-nilai perusahaan meskipun ia sendiri sudah tidak ada lagi.

Nilai-nilai Kalla

Keberadaan Kalla Group dan kemajuan yang dicapainya tidak dapat dipisahkan dari teladan dan nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh pendirinya Hadji Kalla dan Hadjah Athirah. Generasi kedua yang dimotori oleh bapak JK terbukti mampu menjadi tradisi baik dan nilai-nilai luhur yang diteladankan Hadji Kalla dan Hadjah Athirah seperti kejujuran, kesederhanaan, kekeluargaan, kebersamaan, kedermawanan, tegas, disiplin, dan sebagainya. Nilai-nilai luhur ini atau yang dalam ilmu manajemen disebut core values terbukti mampu membuat perusahaan tetap bertahan dan mampu berkembang ke arah yang menggembirakan.

Seminar yang diadakan dalam rangka Ulang Tahun Kalla Group ke 59 pada hari Kamis 13 Oktober 2011 di Wsma Kalla dengan narasumber Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec mencoba menggali nilai-nilai Kalla yang kemudian dijadikan sebagai The Kalla Way. Dalam merumuskan nilai-nilai perusahaan Kalla Group digunakan empat sumber atau rujukan utama, yaitu agama, kearifan lokal, tauladan pendiri serta teori dan best practices manajemen modern. Kata kuncinya adalah kerja adalah ibadah dan terus maju untuk kepentingan bersama. Nilai-nilai ini kemudian diturunkan menjadi lima nilai utama Kalla Group yaitu :

 

(1)    Kerja adalah ibadah, yaitu berlandaskan tauhid sehingga senantiasa ikhlas, syukur, sabar dan adil dalam bekerja.

(2)    Apresiasi pelanggan, yaitu berorientasi pelanggan, memegang komitmen, memuliakan pelanggan (sipakalebbi), memanusiakan pelanggan (sipakatau) dan saling mengingatkan (sipakainga).

(3)    Lebih cepat lebih baik, yaitu berorientasi pada hasil, inovatif, efisien, efektif.

(4)    Loyalitas, yaitu memegang dan menjalankan amanah, mengutamakan kesederhanaan, konsisten.

Aktivitas Bersama yaitu menjunjung tinggi nilai kekeluargaan, membangun silaturrahim (sipatuo), saling menolong (sipatokkong), dan berpikir positif.

Pada kesempatan itu juga Fatimah Kalla sebagai Presiden Direktur Kalla Group menerima buku The Kalla Way dari Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec mewakili Tim Batasa Tazkia sebagai penyusun buku. Fatimah Kalla berharap semoga nilai-nilai yang sudah digali ini menjadi terinternalisasi dalam diri seluruh warga Kalla Group sehingga perusahaan dapat mencapai visinya untuk menjadi panutan dalam pengelolaan usaha secara professional berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

 

 
 
 
Makassar, 13 Oktober 2011
“Media Kalla Editor”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − 19 =