Selamat Beraktivitas di Tahun 2013

0
630

MediaKALLA.Com – Seiring berjalannya waktu semua orang terbagi atas tiga golongan. Golongan pertama ialah orang yang beruntung yaitu orang yang kondisinya hari ini lebih baik dari hari kemarin. Lalu golongan kedua ialah golongan yang merugi yaitu orang yang kondisinya sama dengan kemarin. Golongan ketiga ialah orang yang terkutuk yaitu orang yang kondisinya lebih jelek dari kemarin.

Anda ingin termasuk golongan yang mana? Tentu ingin menjadi orang yang beruntung. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui bahwa ada kemajuan kondisi perlu dilakukan evaluasi diri, apalagi di akhir tahun ini. Menurut saya, bagi seorang karyawan tiga hal yang dilakukan yaitu working (bekerja), learning (belajar) dan growing (tumbuh). Selama tahun 2012 apa saja yang sudah Anda lakukan yang dapat dikategorikan bukan karya biasa. Anda melakukan hal-hal yang penting dan berdampak besar. Bukan hal yang biasa saja. Kemudian apa saja yang sudah Anda pelajari selama tahun 2012 yang merupakan hal baru dan memberi pengetahuan, keterampilan dan inspirasi yang mengubah diri Anda. Terakhir apa saja dari diri Anda secara keseluruhan yang tumbuh dan berkembang terutama terkait kedewasaan berpikir dan bertindak karena kata pepatah “tua itu pasti, dewasa itu pilihan”.

Setiap kita sedang dalam perlombaan, namun bukan hanya berlomba dengan orang lain tapi lebih penting lagi berlomba dengan diri sendiri. Perlombaan diukur dari kemajuan gerak dan “jarak” maju dari garis start. Jika di akhir tahun 2012 ini Anda dapat mengukur posisi sekarang, maka ukurlah kembali posisi Anda di akhir tahun 2013. Jika ada kemajuan yang sangat berarti maka bersyukurlah, Anda masuk golongan orang yang beruntung. Jika sama saja,  maka Anda termasuk golongan orang merugi. Dan jangan sampai ini terjadi, Anda kondisinya lebih buruk, terjadi kemunduran, karena itu artinya Anda golongan orang yang terkutuk.


Akhirnya Allah melalui Al Qur’an memberikan petunjuk agar tidak termasuk golongan orang yang merugi atau terkutuk di dalam surat Al Ashr : 1-3 :

“Demi masa, sesungguhnya manusia (sebagian besar) berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman, dan beramal saleh serta nasehat menasehati dalam kebenaran dan nasehat menasehati dalam kesabaran”

Selamat beraktivitas di awal tahun 2013. Semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk dan hidayah-Nya sehingga Kerja Ibadah, Apresiasi Pelanggan, Lebih Cepat Lebih BAik dan Aktif Bersama dapat kita amalkan dalam kehidupan kerja di Kalla Group. [mk]

Syamril
Human Capital Strategic and Division Head
Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − nineteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.