Jelang 60 Tahun Kalla Group: Science Fair Athirah Hadirkan Ahli Kelautan Prancis

0
654

Makassar- Pameran sains (Science Fair) Sekolah Islam Athirah menghadirkan serangkaian kegiatan ilmiah. Salah satunya adalah seminar ilmiah yang menghadirkan peneliti kelautan dari Prancis. Seminar ini mengambil tema “Refungsi Petani Sumber Daya Laut Sul Sel sebagai pilar pengembangan sains dan teknologi bahari.” Menurut ketua Panitia, A.Lukman, selain peniliti dari Prancis, Dosen Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin akan turut serta dalam seminar tersebut. Rencananya, seminar ini akan berlangsung di Auditorium Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga Antang, Rabu (4/4).

Lukman mengatakan bahwa sejumlah karya siswa Sekolah Islam Athirah dalam satu semester terakhir akan ditampilkan, “Tahun ini kita mengambil tema tentang kelautan sehingga hasil hasil karya yang siswa Athirah mulai dari tingkat SD sampai SMA yang di pamerkan disini adalah tentang penelitian kelautan seperti pembuatan bakso dan plastik dari  rumput laut, imitasi terumbu karang  hasil daur ulang sampah organik dan sebagainya. “ kata Lukman. Selain pameran sains dan seminar ilmiah, panitia juga mengundang sekitar 50 siswa SD sampai SMA se Kota Makassar untuk mengikuti Kompetisi Sains. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 2 hingga 9 April 2012.

Pengguntingan pita peresmian pameran pendidikan Athirah dihadiri oleh Direktur Utama Kalla Group, Fatimah Kalla. Dalam sambutannya, Fatimah menekankan agar pameran ini dapat menstimulasi siswa untuk belajar secara aktif meneliti hal hal di lingkungan sekitar sehingga menghasilkan penelitian yang berguna bagi masyarakat, “Ada banyak perubahan kebutuhan masyarakat dewasa ini sehingga diharapkan penelitian dari pameran ini dapat menjawab tantangan tersebut. Dengan kata lain, ada manfaat sosialnya.” Ujar Fatimah. Di Negara Negara lain, menurut Fatimah, pameran sains adalah sesuatu yang biasa karena mereka terbiasa untuk menemukan sendiri, “Di Makassar, Science Fair ini untuk pertama kalinya dipelopori oleh Sekolah Athirah. Dengan demikian, setelah pameran ini siswa siswa akan terangsang untuk melakukan active learning yakni berpikir kritis untuk menemukan dan meneliti sesuatu sendiri tanpa harus di ’suap’ oleh guru atau orang lain.” Tandas adik JK ini.

Hasil hasil dari karya siswa ini, menurut Direktur Sekolah Islam Athirah, Edi Sutarto akan di perkenalkan kepada masyarakat umum, “Ada beberapa penelitian siswa yang layak dipublikasikan kepada masyarat umum. ” kata Edi. Kegiatan semacam ini, menurut Edi, akan di gelar setiap tahun sebagai media pembelajaran bagi siswa dan masyarakat. [MK]

Galeri Foto (Klik gambar untuk memperbesar)

[nggallery id=33]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.