Raih Kepercayaan dengan Rendah Hati, Prestasi dan Kaderisasi

0
484

MediaKalla.com – Apakah seseorang yang sudah menduduki jabatan tertentu pasti sudah dipercaya oleh anggota timnya? Jawabannya bisa ya bisa tidak. Ya, karena tidak mungkin dia menduduki jabatan tersebut kalau tidak dipercaya. Artinya atasan mengevaluasi kinerjanya selama ini dan kelihatannya punya kompetensi yang cukup untuk menduduki posisi tersebut. Maka akhirnya diputuskanlah dia untuk menduduki posisi yang lebih tinggi. Harapannya anggota timnya pun berpikir demikian.

Namun ternyata saat seseorang dilantik menduduki jabatan tertentu dia baru dipercaya secara formal karena adanya Surat Keputusan. Dia baru secara de jure dan ini posisi yang sangat lemah. Anggota timnya bisa jadi belum menerimanya secara sukarela. Penerimaannya masih karena mandatory, kewajiban yang terkadang sifatnya terpaksa. Bagaimana agar dia dapat meraih kepercayaan dari anggota timnya secara sukarela? Di sinilah perlunya usaha dan kerja keras untuk meraih kepercayaan.

[highlight]Raih dengan Rendah Hati[/highlight]

Langkah awal meraih kepercayaan anggota tim yang baru secara sukarela yaitu dengan pendekatan social. Bangunlah relasi yang baik dengan anggota tim baru Anda. Ciptakan rasa aman dan nyaman bahwa keberadaan Anda untuk kebaikan bersama. Yakinkan secara persuasive bahwa Anda ada untuk bekerja sama dengan mereka menuju kondisi yang lebih baik. Namun bukan berarti Anda harus mengalah dengan kemauan mereka. Prinsipnya masuklah ke dunia mereka, lalu bawa mereka ke dunia Anda sehingga terbangun visi bersama menuju yang terbaik. Hindari bergaya boss yang formal dan terkesan sombong. Jadi di sini yang dilakukan adalah meraih kepercayaan dengan kerendahan hati.

[highlight]Raih dengan Prestasi[/highlight]

Penerimaan karena hubungan baik itu baru langkah awal. Setelah itu bekerja keraslah karena anggota tim Anda akan menuntut kinerja dan karya Anda. Mereka ingin melihat perbedaan ada dan tidak adanya Anda. Bukan semata apa yang Anda raih tapi juga apa yang Anda selesaikan. Oleh karena itu keberadaan Anda harus dapat membawa perubahan atau dampak yang signifikan. Di tingkat ini kepercayaan diraih dengan prestasi. Jika terlihat prestasi dengan adanya perbaikan maka anggota tim Anda akan semakin percaya kepada Anda.

[highlight]Raih dengan Kaderisasi[/highlight]

Jangan berhenti sampai prestasi saja apalagi Anda merasa jika bukan Anda sebagai pemimpin maka prestasi seperti sekarang tidak akan pernah bisa dicapai.  Lanjutkan pencapaian Anda dengan menyiapkan kader pengganti kelak setelah masa Anda selesai. Ingat, setiap orang ada masanya dan setiap masa ada orangnya. Seiring dengan waktu masa anda akan selesai dan segera masa anggota tim Anda akan tiba. Oleh karena itu siapkanlah mereka dengan baik. Jangan menganggap mereka sebagai saingan, tapi jadikan mereka sebagai pelanjut Anda. Jika anda berhasil melakukan kaderisasi maka kepercayaan kepada anda akan semakin tinggi dan dampaknya Anda akan diberikan amanah yang lebih besar. Anggota tim Anda juga akan respek kepada Anda karena mereka juga tumbuh menjadi pemimpin. (*)

[author image=”http://www.mediakalla.com/wp-content/uploads/2013/05/Syamril1.jpg” ]Syamril : Koordinator Kalla Educare Yayasan Kalla | Human Capital Division Kalla Group[/author]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − two =