PT KES Seharusnya Sudah Memiliki Organisasi K-3

0
492

MediaKALLA.com – Kecelakaan kerja sering disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya; tingkat pengetahuan pekerja yang kurang, kebiasaan buruk yang melekat pada diri pekerja, kurang disiplin dan kondisi tempat kerja yang kurang terawat dengan baik. Hal ini dapat dicegah, dikendalikan, diminimalisir dan ditindaklanjuti dengan menggunakan sistem manajemen K-3 serta memperhatikan lingkungan.

Hal di atas diungkapkan oleh Staf QHSE PT. Bumi Karsa, Muhammad Jabbar Jafar saat membawakan materi terkait sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, pada Jumat, 1 November 2013 di ruang rapat PT Kalla Electrical System. Ia menegaskan bahwa sudah selayaknya PT KES memiliki organisasi K-3. Hal ini karena PT KES bergerak di bidang usaha yang memiliki resiko tinggi akan kecelakaan pekerja dan perusahaan ini sudah memiliki karyawan lebih dari 100 orang. ” Melalui organisasi K-3 ini kita bisa mengendalikan resiko-resiko K-3 dan meningkatkan kinerja pekerja, ” katanya.

Selain itu, K-3 ini juga menjamin agar setia sumber produksi dapat dipakai secara aman dan efisien serta menjamin proses produksi berjalan lancar. ” Organisasi maupun kebijakan K-3 ini harus dikomunikasikan kepada seluruh karyawan agar mereka memahami, mendukung dan menerapkan kebijakan K-3 saat bekerja, ” tegasnya.

Namun, menurutnya kesuksesan pembentukan organisasi K-3 ini sangat ditentukan oleh kebijakan dari manajemen perusahaan atau direksi, perencanaan yang matang, penerapan dan operasi, pemeriksaan dan tindakan, tinjauan manajemen dan peningkatan yang berkelanjutan. ” Kebijakan K-3 harus disetujui oleh manajemen puncak organisasi yang menyatakan dengan jelas seluruh tujuan K-3 dan komitmen untuk meningkatkan K-3, ” urainya.

Training K-3 ini diikuti 33 karyawan PT. KES khususnya di bagian produksi. (*)

[Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + twelve =