Poros Maros-Bone Dikerjakan PT Bumi Karsa

0
838

MediaKALLA.com – Poros jalan Maros hingga Ujung Lamuru Kab. Bone tahun ini mulai dikerjakan perluasannya. Adalah PT Bumi Karsa yang mendapatkan kepercayaan dari Balai Besar Jalan dan Jembatan Makassar untuk mengerjakan jalan sepanjang 143,8 km ini. Pencanangan (ground breaking) pengerjaan ruas jalan tersebut berlangsung pada, Ahad 16 Maret 2014.

Direktur Jenderal Bina Marga, Ir Djoko Murjanto, MSc mengatakan bahwa jalur ini mendapat perhatian dari pemerintah pusat tahun ini, karena merupakan salah satu jalur trans sulawesi, di samping itu, 30,5 km dari jalan ini tupografinya berupa pegunungan dan selebihnya adalah daratan rendah. ” Hanya saja luas jalan yang sempit ditambah banyaknya tikungan tajam, membuat jalur ini sangat rentang mengakibatkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, ” jelasnya.

Untuk itu kami menilai sudah saatnya jalur ini diperluas dan perbaikan pada beberapa tikungan tajam. ” Karena keterbatasan anggaran dan pengurusan ijin, maka proyek ini akan dikerjakan secara bertahap. ” Namun kita optimis akan selesai pada 2015, ” ujarnya

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo mendukung penuh pengerjaan jalan ini. Hal ini mengingat jalur ini merupakan salah satu jalur terpadat dan merupakan akses utama ke sejumlah kabupaten di Sulawesi. ” Poros jalan ini, tak hanya akan memperlancar akses antar kedua kabupaten tetapi dengan kabupaten lainnya, seperti Soppeng, Wajo, Sinjai bahkan hingga ke Kendari, Sulawesi Tenggara, ” katanya.

Dirinya mengaku siap turun tangan membantu pemerintah pusat dan PT Bumi Karsa agar ruas jalanan ini segera diselesaikan. ” Ini sudah mendesak untuk diperluas, mengingat pertumbuhan jumlah kendaraan di Sulsel meningkat tajam seiring dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi, ” urainya.

Sebagai bentuk ucapan terima kasih, PT Bumi Karsa diwakili direktur utama, Zumadi SM Anwar memberikan plakat kepada Direktur Jenderal Bina Marga, Ir Djoko Murjanto, Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dan kepada sejumlah tamu penting yang ada. [azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two + seventeen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.