Perwakilan Yayasan Kalla Ungkap Pengalaman Studi di Luar Negeri

0
408
MediaKALLA.com – Siapa yang tidak tertarik studi di luar negeri??tentu semua mau. Namun, terkadang kemauan itu hanya sekedar hasrat dan impian orang saja. Tidak ada usaha untuk mewujudkan mimpi tersebut. Padahal saat ini peluang mengeyam studi di luar negeri terbuka lebar. Banyak tawaran beasiswa baik dari pemerintah Indonesia, pemerintah negara tujuan maupun dari lembaga-lembaga donor.
Demikian yang disampaikan Abdul Hakim saat membawakan materi pada seminar sehari UIN Alauddin, Sabtu, 13 September 2014. Pria yang baru saja meraih Master of Arts (MA) di Ohio University ini mengatakan bahwa di Indonesia memang banyak universitas yang kualitasnya bagus, hanya saja budaya akademik di kampus-kampus luar negeri jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. ” Di luar negeri aktifitas akademik begitu padat, jika kita lengah sedikit maka akan tertinggal, selain itu para dosen juga sangat care dengan mahasiswanya, ” katanya.
Ia bercerita bahwa pada awalnya dirinya merasa minder karena penguasaan bahasa yang minim. Namun, atas bimbingan dosen pendampingnya sedikit demi sedikit ia mulai beradaptasi. ” Setiap mata kuliah kita disuruh mengutarakan pendapat, membuat artikel dan sejumlah tugas-tugas lainnya, jadi tak ada kesempatan untuk berleha-leha. Tidak seperti di Indonesia, ” tuturnya.
Hal itulah yang membuat lulusan luar negeri betul-betul paham dan menguasai ilmu yang dipelajarinya. ” Dosen disana mudah ditemui, tidak kejam, bisa dihubungi kapan saja apabila kita menemui kendala, intinya mereka selalu berupaya agar kita sukses dan segera menyelesaikan studi, ” ujarnya.
Hakim juga membeberkan bahwa peluang mahasiswa asal Indonesia Timur untuk lanjut kuliah di luar negeri terbuka lebar. ” Pemerintah Australia misalnya menyiapkan kuota 60% untuk warga Indonesia Timur, sisa bagaimana kita sejak dini mempersiapkan diri terutama penguasaan bahasa dan kemampuan TOEFL, ” terangnya. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + sixteen =