Peran Job Description

0
634

MediaKALLA.Com – Dunia ini panggung sandiwara “nahh lohh kok nyanyi.. ?.  di dunia perfilman tiap orang harus memerankan apa yang telah digariskan oleh sang sutradara. Ungkapan ini sering kita dengar, juga dalam lagu.  Dalam sebuah  masyarakat tiap individu memang harus mempunyai peran tertentu, tetapi tentu saja bukan sebuah sandiwara. ”ini sebenarnya mau ngebahass apaaaa T_T ……?

Ok.! Saya mau ngebahas tentang Peran Job description, di sebuah perusahaan baik itu yang berskala kecil maupun besar, internasional ataupun nasional, Job description untuk karyawan sangat penting,, setuju gak? Harus setuju!!

Sebelum ngebahas lebih lanjut ada baiknya kita tau pengertian Job Description,

Job description adalah merupakan panduan dari perusahaan kepada karyawannya dalam menjalankan tugas.”

Agar organisasi dapat berjalan dan berkembang dengan baik dan terarah, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus bertanggungjawab terhadap masing-masing dari sistem yang ada dalam organisasi tersebut. Oleh karena itu organisasi perlu mendistribusikan tugas, tanggungjawab, dan kewenangan terhadap SDM yang ada di dalamnya sesuai dengan jabatannya masing-masing, karena tentu saja setiap jabatan dalam suatu perusahaan, mulai dari Direktur Utama sampai dengan Office Boy memiliki tugas, tanggungjawab, dan kewenangan yang berbeda.

Kenapa saya mengangkat Peran job description sebagai topik pembahasan? Untuk mengingatkan pentingnya job description yang ada dilingkungan kerja, mulai dari si pengambil keputusan sampai dengan si pelaksana keputusan.

Bayangkan saja jika suatu organisasi berjalan tanpa adanya pembagian tugas dan tanggung jawab serta kewenangan terhadap anggota organisasinya secara benar dan tepat.  Segala aktivitas di dalamnya akan menjadi tidak terkontrol, para anggotanya akan menjadi bingung dengan apa yang harus mereka kerjakan, kapan harus diselesaikan, siapa yang bertanggung jawab atas suatu aktivitas tertentu dan siapa yang mempunyai kewenangan untuk melakukan keputusan, dengan siapa mereka harus melakukan koordinasi” nahh ribett kann,,,

Untuk itu, Pentingnya melakukan pendistribusian tugas, tanggung jawab, dan kewenangan yang dituangkan dalam suatu manual tertulis dan disosialisasikan pada seluruh anggota yang ada dalam organisasi tersebut agar mereka paham apa saja ruang lingkup dan target yang harus dicapai dari pekerjaannya.

Sebagai karyawan yang baik, yuuk… lakukan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan job description kita masing masing, J

“Education is the most powerful weapon which You can use to change the world.—Nelson Mandela

[author image=”http://www.mediakalla.com/wp-content/uploads/2013/07/Ijha-Bumi-Karsa.jpg” ]Ijha | Karyawan PT. Bumi Karsa[/author]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.