Penting ! Cek Kondisi Rem Mobil Anda Sebelum Berkendara

0
370

MediaKALLA.co.id – Kehilangan fungsi rem menajadi momok menakutkan bagi siapapun yang berkendara. Ratusan hingga ribuan jiwa sudah melayang akibat kondisi rem yang sudah aus sehingga kecelakaan tidak dapat terhindarkan lagi. Padahal, Rem merupakan komponen yang sangat penting pada kendaraan.

Sebenarnya kejadian tersebut bisa saja dihindari, jika pemiliki usaha moda transportasi secara disiplin melakukan pengecekan kondisi rem sebelum berangkat membawa penumpang ke tempat tujuan atau pemiliki kendaraan secara disiplin melakukan service berkala di bengkel resmi.

“Sebelum memulai perjalanan, setiap pengemudi bertanggung jawab untuk melakukan pengecekan terhadap kendaraan. Sebenarnya kejadian seperti Rem Blong itu bisa dideteksi dini bila pengemudi melakukan pre trip inspection secara menyeluruh dan disiplin,” ujar Aswan Amiruddin, Marketing Manager Kalla Toyota.

Dalam pre trip inspection, pelanggan bisa mengecek beberapa hal diantaranya kondisi mesin, kondisi ban, kondisi Aki dan juga kondisi Rem. Untuk kejadian brake failure atau Rem blong, tidak terjadi secara tiba-tiba. Jika, pelanggan merasakan injakan pedal rem terasa lebih dalam, itu bisa menjadi gejala awal yang seharusnya bisa diketahui dan di cegah.

Antisipasi apa yang harus dilakukan bila anda sudah melakukan pengecekan tersebut, tapi rem blong tetap terjadi?

  1. Jangan Panik. Anda bisa secara langsung mengurangi kecepatan dengan cara menggunakan engine brake dengan menurunkan posisi transmisi ke posisi yang lebih rendah. Namun perlu diperhatikan akan menurunkan posisi transmisi secara perlahan agar tidak terjadi kerusakan mesin
  2. Jika engine brake tidak berhasil, pelanggan bisa menggunakan parking brake atau lazim disebut Rem Tangan. Hal ini dikarenakan sistem rem parkir biasanya berbeda dengan sistem rem.

Agar terhindar dari kejadian tersebut, sebaiknya anda selalu mengecek volume minyak rem. Perhatikan permukaan minyak apakah masih ada di level yang direkomendasikan atau tidak. Jika minyak rem sedikit berkurang atau ada di bawah level terendah, anda jangan terburu-buru menambah minyak rem. Bisa jadi kampas rem telah habis yang mengakibatkan konsumsi minyak rem menjadi tidak normal.

Anda juga bisa mengecek warna dari minyak rem. Jika sudah berubah warna menjadi lebih pekat, ada baiknya segera lakukan penggantian di bengkel resmi. Ada baiknya juga melakukan penggantian minyak rem setiap interval 40 km (Service berkala 40 km biasanya disertakan dengan penggantian minyak rem). Anda tidak perlu menunggu minyak rem berubah warna.

“Kami sangat menyarankan tindakan preventif untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, oleh karena itu kami ingin pelanggan menggunakan Spare part asli Toyota dan melakukan service secara berkala di bengkel resmi,” saran Aswan. [Rilis/Ariani Eka Syahfitri – Media Relation Kalla Toyota]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − 8 =