Penggiat Wirausaha Berbagi Sukses di Seminar Yayasan Kalla

0
573

MediaKALLA.com – Seminar Kalla Group Goes to Campus yang digelar di Aula Jurusan Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin, Kamis (3/1) sukses menginspirasi mahasiswa untuk berbisnis. Seminar yang bertema “Sukses di Bangku Kuliah, Kerja dan Dunia Usaha” itu menghadirkan dua orang penggiat wirausaha yakni Hj. Zakiah dan Dr. Jasman. Selain memotivasi mahasiswa untuk terjun ke dunia bisnis, mereka juga berbagi strategi sukses  mengenai pengelolaan usaha hingga meraih omzet jutaan rupiah.  Seminar tersebut, selain dihadiri mahasiswa UIN, juga hadir Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr.Hj.Muliaty Amin, M.Ag, Kepala Bidang Pendidikan Yayasan Kalla, Syamril dan Direktur Keuangan Kalla Electrical System (KES), Nurbani Opier.

Hj. Zakiah, pemilik Bakso Qalbu menceritakan ihwal jatuh bangun usaha kulinernya,“Bakso Qalbu ini sebelumnya sudah tiga tahun merugi terus, lalu saya analisis penyebab kejatuhannya.Setelah saya ketahui, marketing dan segmentasinya saya buat beda. Saya bidik high class customer dengan perbaikan mutu sehingga saat ini Alhamdulillah Bakso Qalbu sukses dan sudah punya pelanggan setia mulai dari mahasiswa hingga pejabat negara, ”tutur Ibu tiga anak ini.

“Pak JK, Direktur Kalla Group, Bu Fatimah Kalla dan sejumlah pejabat lain adalah pelanggan saya.Pengalaman paling berkesan adalah ketika hanya Bakso Qalbu dan sedikit tenant yang sukses hadir pada event Pak JK yang waktu itu sebagai Wapres. Jadi, Bakso Qalbu benar-benar berkelas dan sudah punya brand,” beber Alumni teknik informatika ini.

Kuncinya sukses, menurutnya ada pada keyakinan dam kesungguhan, “Sukses bukan hanya milik Pak JK, tapi milik anda, saya dan kita semua yang tidak ragu. Intinya, dalam dunia bisnis jangan pernah takut gagal,” pesannya.

Senada dengan Hj. Zakiah, Dr. Jasman yang sukses berbisnis travel ini mengatakan, “Bisnis itu hanya persoalan keyakinan. Kalau anda berpikiran sukses, bisa, maka anda akan benar-benar sukses, begitu juga sebaliknya. Sebab Allah bergantung pada prasangka hambanya. Hal lain, jangan takut gagal atau bankrut. Sebab gagal adalah hal penting dalam berbisnis, bahkan ada yang mengatakan Anda belum berhak untuk sukses kalau belum gagal,” kata Dosen UIN ini penuh semangat.

Sementara itu, Direktur Keuangan KES, Nurbaini Opier yang hadir mewakili Kalla Group mengatakan sejak dini, mahasiswa berani bermimpi namun mimpi tersebut harus tetap spesifik, terukur, realistis, relevan dan punya jangka waktu sehingga dapat berbuah kesuksesan, “Bermimpilah! Karena mimpi itu gratis. Begitu anda semua sudah punya mimpi, Anda tidak boleh bernegosiasi dengan impian anda. Bernegosiasilah dengan usaha anda untuk mencapainya,” pesan alumnus Flinders University Australia ini.

Sebagai follow up dari Seminar tersebut, kegiatan yang disponsori oleh Yayasan Kalla ini akan membuat pelatihan lanjutan tentang Kewirausahaan, “Mahasiswa akan diminta membuat proposal bisnis yang berisi ide-ide kreatif dan inovatif tentang kewirausahaan. Mahasiswa yang proposalnya lolos seleksi akan diikutkan pelatihan wirausaha lanjutan dengan pemateri dari Direksi Kalla Group.” Kata Syamril, Kepala Bidang Pendidikan Yayasan Kalla.

Sebagai kenang-kenangan, Yayasan Kalla menyerahkan lima buku Ensiklopedi JK sebagai tanda terima kasih kepada Jurusan Manajemen Dakwah UIN. [mk]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.