Penerimaan Siswa Baru Angkatan II Gelombang II Tahun 2012/2013 SMP – SMA Islam Athirah Boarding School (berasrama) Bone Sulawesi Selatan

1
3030

Makassar 07 Maret 2012 – Yayasan Kalla telah membuka pendaftaran untuk program beasiswa penuh di SMP SMA Athirah Islamic Boarding School Bone Angkatan II Gelombang II. Para siswa yang diterima nantinya akan mendapatkan beasiswa dalam bentuk  biaya hidup, biaya pendidikan dan asrama.

Sekolah yang berdiri sejak 2011 ini, 80 % siswanya dari kalangan tidak mampu yang dibiayai dengan program Beasiswa Kalla Educare, selebihnya dengan biaya mandiri. Sumber dananya sendiri berasal dari Lembaga Amil Zakat Athirah dan Corporate Social Responsibility (CSR) Kalla Group.

Kepala bidang pendidikan dan lingkungan, Syamril mengatakan bahwa pendaftaran dibuka dalam dua gelombang. Gelombang pertama telah diadakan pada 3 Maret 2012 lalu. Namun, dari 50 orang yang mendaftar untutk SMP, hanya diterima 16 orang sedangkan untuk SMA hanya 20 orang yang diterima dari 200 pendaftar. “Kuota yang tersedia untuk SMP dan SMA masing masing 40 orang, hasil seleksi tes gelombang satu belum mencukupi sehingga kita buka gelombang kedua.” Untuk pendaftaran gelombang kedua, sedang dibuka hari ini sampai tanggal 31 Maret 2012.  “Tesnya sendiri akan dilaksanakan tanggal 7 April 2012” urai Syamril.

Download pengumuman hasil peserta yang lulus tes gelombang I disini.

Agar terpilih menjadi penerima beasiswa, menurut Syamril, seleksinya cukup ketat. Sebab, beasiswa ini dikhususkan bagi siswa yang berprestasi secara akademik namun orang tuanya tergolong kurang mampu. “Seleksinya cukup panjang yang dibagi menjadi tiga yaitu tes akademik, wawancara dan home visit” kata Syamril

Syamril mengungkapkan ketatnya seleksi beasiswa ini dikarenakan Yayasan Kalla ingin memastikan bahwa anak anak yang mendapatkan beasiswa adalah mereka yang benar benar berpotensi secara  akademik namun memiliki akses yang terbatas terhadap pendidikan “Sekolah ini  adalah sekolah untuk para calon pemimpin olehnya itu kita mencari bibit terbaik.” urai Syamril.

Sekolah Islam yang dipimpin oleh Zuhri Wail ini menekankan pembinaan pada empat aspek yakni akademik, karakter, kemandirian dan agama.  Dibidang akademik, para siswa akan dibina selama 24 jam oleh gurunya. Diharapakn mereka dapat berprestasi ditingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Kemudian pada aspek karakter, sekolah islam Athirah Bone mengutamakan aspek kejujuran dan kepimpinan. Kemampuan berwirausaha dengan menguasai life skill adalah hasil yang sangat diharapkan dari aspek kemandirian. Sedangkan pada aspek  agama, para siswa ditargetkan untuk bisa menghafal minimal 3 juz Al Qur’an disamping kemampuan berbahasa Arab yang dibimbing oleh dua orang alumni Al Azhar Cairo.

Bagi yang memenuhi persyaratan dan lulus seleksi akan mendapatkan BEASISWA PENUH (biaya pendidikan dan biaya hidup) dari Yayasan Kalla untuk dididik agar anggun dalam sikap dan perilaku yang Islami, unggul dalam mutu dan prestasi, cerdas dalam sains dan teknologi agar siap menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

SMP dan SMA Islam Athirah (Boarding School) Bone memiliki kampus dengan status milik sendiri di atas tanah seluas 6 hektar dan akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas :

  • Ruang Kelas  dan Bimbingan Konseling
  • Ruang Multimedia, Laboratorium Bahasa, Komputer, IPA (Fisika, Kimia, Biologi), Perpustakaan
  • Ruang kegiatan ekstrakurikuler (Studio Band, Studio Musik Tradisional, Seni Rupa, Seni Tari)
  • Lapangan Sepak Bola, 3 in 1 (Futsal, Basket dan Bola Volli), kolam renang, area Outbound
  • Gedung asrama dilengkapi kamar mandi, tempat tidur, lemari pakaian, ruang Makan
  • Masjid

PROSES SELEKSI

  • Pendaftaran
  • Tes Tertulis Akademik
    1. Matematika, Bhs. Indonesia (SMP)
    2. Matematika, Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris (SMA)
  • Wawancara
  • Kunjungan Rumah

PERSYARATAN

  1. Pendaftar adalah Pria/Wanita lulusan SD  dan SMP tahun kelulusan 2011 s/d 2012 dan berasal dari keluarga tidak mampu.
  2. Calon siswa datang sendiri ke tempat pendaftaran di wilayahnya masing-masing (sebagaimana terlampir) dengan membawa persyaratan :
    1. Foto copi rapor kelas IV  hingga VI untuk  masuk  di SMP dan rapor kelas VII hingga IX yang telah dilegalisir oleh pihak sekolah asal
    2. Foto kopi ijazah /STTB/STK (bila belum ada dapat menyusul)
    3. Foto kopi sertifikat dan atau piagam penghargaan (bila ada)
    4. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan/kepala desa dan dikuatkan oleh pengurus Masjid setempat dan atau dari sekolah asal
    5. Surat Keterangan gaji atau penghasilan orang tua/wali atau anggota keluarga yang ikut menopang pendapatan  keluarga. Surat keterangan ini dapat  berasal dari pengurus RT/RW dan atau pengurus masjid setempat.
    6. Surat pernyataan izin orang tua/wali untuk bersekolah sampai selesai.
    7. Foto kopi rekening listrik 2 bulan terakhir (bila ada)
    8. Pas foto warna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 lembar

PENGEMBALIAN FORMULIR

Sekolah Islam Athirah :

  • Sekolah Islam Athirah Bone Jl. Sungai Musi  Kel. Panyula, Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone (0482-22116)
  • Contact Person: Ibnu Hajar – 085242705242 –
  • Email: info@athirah.sch.id

JADWAL PENDAFTARAN

Gelombang II

Pendaftaran:  01 – 31 maret 2012. (MK)

1 COMMENT

  1. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

    Kapan kepastian kelulusan gelombang pertama di umumkan?

    Dan bagaimana dengan calon siswa tunggu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.