“Pendidikan Kader Ulama (PKU) Angkatan XV 2012 Majelis Ulama Sulawesi Selatan”

0
741

Pendidikan Kader Ulama (PKU) merupakan program unggulan berdasarkan hasil musyawarah daerah dan hasil rapat kerja Majelis Ulama Provinsi Sulawesi Selatan periode 2011-2015.  Pelaksanaan program pengkaderan ulama ini terakhir dilaksanakan secara rutin dan terprogram pada angkatan XIV tahun 2009. Setelah itu sempat terhenti pada tahun 2010 dan 2011 karena berbagai alasan dan pertimbangan mendasar.

Pada tahun 2012 PKU sebagai program unggulan MUI Sulawesi Selatan ini dilanjutkan kembali dengan dukungan pemerintah dan Yayasan Kalla serta Mesjid Raya Makassar. maka pada 01 Februari 2012 yg lalu bertepatan dengan 08 Rabiul Awal 1433H dilaksanakan pembukaan resmi pendidikan kader ulama angkatan XV.

Visi dari program ini adalah untuk melahirkan Ulama handal dan kharismatik berwawasan luas sebagai khadimul ummah dalam mewujudkan masyarakat yang berkualitas dan bermoral tinggi, menuju kejayaan Islam dan kaum muslimin (izzul islama wal muslimin). Sedangkan misi dari program ini antara lain:

  • Melembagakan Pendidikan Kader Ulama (PKU) sebagai lembaga kompeten,
  • Menjadikan media Pendidikan Kader Ulama (PKU) sebagai ujung tombak dalam menyikapi, meresponsi dan menganalisis fenomena kehidupan global dan memberikan alternatif solusinya yang tepat berdasarkan ajaran islam,
  • Menumbuhkan semangat juang umat Islam untuk meningkatkan kualitas dakwah dan pendidikan umat menuju khaira ummat dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia,
  • Meningkatkan ukhuwwah islamiyah serta kerukunan antar umat beragama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan umat dalam semua dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, dan
  • Menjadikan ulama sebagai penasihat spiritual dalam pembinaan bangsa, umat, dan keluarga-keluarga Islam menuju keselamatan dunia dan akhirat.
Peserta Pendidikan Kader Ulama (PKU) ini merupakan utusan/rekomendasi Pengurus Majelis Ulama di wilayah Sulawesi Selatan dan juga perorangan, dengan melalui beberapa tahapan seleksei, seperti: seleksi berkas/administrasi, tes kompetensi (bahasa arab/kitab kuning dan keilmuan Islam), psikotest, dan wawancara. Peseta yang terdaftar sebanyak 35 utusan dan perorangan , dan yang berhasil lulus tes seleksi sebanyak 17 orang.
Pendidikan Kader Ulama (PKU) angkatan XV 2012 Majelis Ulama Sulawesi Selatan kali ini, melibatkan 3 organisasi penting di dalamnya yaitu : Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam hal ini berperan sebagai pembuat kurikulum dan penyedia tim pengajar serta mengatur sistem pengajaran. Mesjid Raya yang berperan sebagai orientasi tempat belajar dan mengajar. Yayasan Kalla yang berperan sebagai penyedia fasilitas asrama bagi peserta kader ulama dan biaya hidup selama 6 bulan bagi masing-masing peserta kader ulama tersebut. (MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.