Pemenang Kalla Kaizen Contest 2016 Trip Ke Jepang

0
401

MediaKALLA.co.id – Dua Tim pemenang pertama Kalla Kaizen Contest (KKC) 2016 berkunjung ke Jepang, 18-24 Maret 2017. Dipilihnya Negeri Sakura tersebut, karena merupakan negara yang melahirkan budaya Kaizen. Kedua tim pemenang yang berkesempatan ke Jepang yakni Tim Lamellong dari PT Hadji Kalla sebagai pemenang pertama kategori supporting dan Tim Reability dari PT Kalla Kakao Industri sebagai pemenang pertama kategori operational.

Corporate Strategic Management Division Head Kalla Group, Nurbani Opier menuturkan bahwa kegiatan ini bukan sekedar jalan-jalan tetapi lebih kepada mempelajari secara langsung bagaimana pengimplementasian budaya Kaizen di negeri asalnya. “Jadi mereka melihat langsung, bagaimana orang Jepang menjalankan Kaizen, melihat simbol-simbol yang digunakan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Beberapa tempat yang dikunjungi diantaranya di TSL College (semacam sekolah khusus Kaizen). Di sini peserta mendengarkan presentasi materi/modul2 yang diajarkan di TSL College oleh Team pengajar kaizen. “Kemudian dilanjutkan dengan peragaan kegiatan project improvement yang dilakukan di TSL College. Peserta training biasanya dari lingkup Toyota dan ada juga peserta international.
Hal menarik dari fasilitas di sekolah tsb adalah adanya sebuah Mushollah yang sangaaaat bersih dan tertata dengan rapi,” terang Nurbani

Kunjungan dilanjutkan ke Toyota Kaikan Plant (masih di Nagoya). Di sini Team bisa melihat langsung proses produksi Toyota. “Berlanjut ke Toyota Motor Global, sekaligus melihat mobil-mobil Toyota model terbaru yang dipamerkan dalam showroomnya,” ucap Nurbani.

Pada hari ke empat, rombongan mengunjungi Toyota Commemorative Museum di kota Nagoya untuk melihat sejarah berdirinya Toyota yang bermula dari pabrik tekstik ke pabrikan mobil. “Kami juga berkunjung ke Kawasaki Robotic Plant, di sana kami melihat langsung bagaimana improvement yang dilakukan dalam memproduksi robot-robot, termasuk yang digunakan di Toyota Kaikan Plant,” cerita Muchsin Peabang salah seorang peserta trip.

Nurbani menjelaskan bahwa banyak pengalaman dan masukan yang di dapat oleh Team Kalla Kaizen. Beberapa diantaranya yang dilihat dan sangat dirasakan adalah budaya kerja yang sangat disiplin, sistematis, komitmen dan konsisten dalam mengeksekusi perencanaan yang sudah dibuat. “Singkatnya bila ada penundaan atau pembatalan salah satu rencana maka semua sistem akan terganggangu. Hal lain adalah nilai-nilai budaya masyarakat Jepang yang juga terkandung dalam nilai-nilai KALLA yang mengangkat kearifan lokal budaya Bugis Makassar “Sipaka Tau, Sipakalebbi” atau respect to people sebagai karakter Insan KALLA,” pungkasnya. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + 8 =