Pekerja Kantoran, Waspadalah Computer Vision Syndrome

0
512

MediaKALLA.co.id – Bagi Anda pekerja kantoran, mungkin pernah atau sering mengalami perih pada mata karena seharian memandangi layar komputer. Waspadalah, mungkin Anda terjangkit Computer Vision Syndrome (CVS).

Penyakit ini adalah gangguan mata akibat penggunaan komputer terlalu lama. Selain mata perih, umumnya juga ada keluhan nyeri kepala, pusing, penglihatan kabur, nyeri leher, mata merah, penglihatan ganda, sulit memfokuskan mata, bahkan kelelahan.

CVS juga terjadi karena otot-otot mata tegang dan mata menjadi kering karena jumlah kedipan yang kurang. Seseorang pada saat sangat fokus memandang layar komputer kedipan matanya berkurang sehingga mata kekurangan air mata. Gejala ini juga dapat diperparah oleh cahaya lampu yang terlalu terang atau angin AC yang terlalu kencang sehingga menyebabkan mata menjadi kering.

Survei menunjukkan bahwa pekerja kantoran yang terjangkit CVS sebesar 64% hingga 90%. Gangguan ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya atau menyebabkan kerusakan mata permanen. Tetapi, ini dapat memengaruhi kenyamanan dalam penggunaan komputer.

Untuk mencegah CVS dan menjaga mata tetap sehat, ada beberapa langkah praktis yang bisa dilakukan diantaranya, rutin beristirahat sejenak setiap sejam memandangi komputer. Berkedip lebih sering dan menerapkan aturan 20-20-20 yang maksudnya setiap 20 menit menggunakan komputer, Anda harus mengistirahatkan mata dengan cara melihat benda yang jaraknya sekitar 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

Penggunaan tetes mata juga dapat membantu meringankan gejala. Namun apabila gejala tidak membaik, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. [Azhar/belbagai sumber]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKalla
Youtube; Media Kalla

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 12 =