All New Toyota Yaris Heykers, Hatchback Modern dengan Beragam Fitur Canggih

0
378

MediaKALLA.co.id – Toyota Astra Motor Indonesia memperkenalkan generasi terbaru dari Toyota Yaris. Varian ini diberi nama All New Toyota Yaris Heykers. Hatchback yang mengadopsi Yaris TRD Sportivo hadir dengan ground cleance yang terbilang cukup tinggi. Jika sebelumnya Yaris standar hanya memiliki ground clearence 149 mm kini untuk Toyota Yaris Heykers memiliki ground clearence 184 mm, sehingga membuat tampilannya lebih jangkung. Hal ini membuatnya semakin mirip mobil crossover dengan unsur fun to drive khas city car.

Perbedaan terbesar dari Toyota Yaris Heykers dengan Toyota Yaris pendahulunya adalah pada penggunaan mesinnya, dimana pada Toyota Yaris Heykers telah menggunakan mesin 2NR-FE yang juga digunakan Toyota Sienta. Mesin ini berkapasitas 1.496cc empat silinder dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 107 Ps setiap putaran 6.000 rpm dengan torsi yang mampu mencapai titik puncak sampai 140 Nm pada putaran 4.200 rpm. Tenaga yang dihasilkan ini akan disalurkan melalui 2 varian sistem transmisi, yaitu tipe transmisi manual dan sistem transmisi CVT 7. Percepatan ini diklaim mampu mengefisiensi konsumsi BBM hingga 30 %. Kapasitas bahan bakar yang dapat ditampung yakni 42 liter.

Desain Eksterior Khas Crossover

Jika melihat dari tampilan eksteriornya, Toyota Yaris Heykers terlihat sangat gagah dan maskulin layaknya crossover. Hal tersebut bisa dilihat dari bagian depannya, yang nampak berwibawa dengan headlamp berfitur lampu LED di atas grille bergaya futuristis berwarna hitam dop. Headlamp ini dirancang dengan bentuk lebih sipit sehingga memperlihatkan tampilan tajam jika dilihat dari depan. Tak hanya itu saja, pada sisi depan Toyota Yaris Heykers ini juga sudah disematkan fog lamp untuk memberikan pencahayaan ekstra dan dilengkapi dengan daytime running light yang membuatnya tampak makin modern.

Bergeser pada sisi bodi samping, terlihat tampilan Toyota Yaris Heykers ini dibuat dengan gaya desain Side Body Moulding di mana tampak samar garis lekukan yang memanjang lurus dari depan hingga belakang. Ditambah dengan Heykers Stickers yang semakin memperkuat pesona mobil hatchback bergaya SUV. Bahkan seolah menolak disebut sebagai hatchback, roof rail pun terpasang di atap Toyota Yaris Heykers ini, menandakan fungsinya yang fleksibel.

Lalu, pada bagian belakang, Toyota menyematkan sepasang bumper yang didesain dengan rancangan stylish sehingga memperlihatkan kesan hatchback modern dan futuristis. Tak hanya itu, stop lamp pun juga terpasang manis di kedua sisi pada sektor belakang Toyota Yaris Heykers ini. Dijumpai pula spoiler yang semakin memberikesan sporty. Secara volume dimensi mobil ini memiliki ukuran panjang 4.115 mm, lebar 1.700 mm, tinggi 1.510 dan memiliki jarak sumbu roda berukuran 2.550 mm serta bobot yang mencapai 1.500 Kg. Toyota Yaris Heykers ini akan dibekali dengan suspensi yang kokoh, yaitu suspensi MacPherson Strut untuk sektor depan. Sementara itu, untuk sektor belakang akan mengandalkan suspensi Torsion Beam di mana kedua suspensi tersebut siap meredam setiap goncangan ketika melibas jalanan yang penuh bebatuan tinggi dan bergeronjal. Varian ini juga mengandalkan Velg R16 berbahan alloy dengan aksen dual tone silver dan dark titanium. Lalu, untuk ban, Toyota Yaris Heykers ini akan mengandalkan ban berukuran 195/55 R16

Ruang Kabin Elegan Dilengkap Beragam Panel Canggih

Memasuki pada ruang kabin, tampak dengan jelas desain interior yang begitu elegan dan modern berwarna hitam. Ini terlihat dari beberapa panel modern yang terpasang pada dashboardnya. Pada sektor tengah dashboard terlihat Head Unit Design dengan dilengkapi beberapa fitur, seperti audio 7” full touchscreen, miracast/mirroring, internet dan Bluetooth yang merupakan bagian dari konsep terbaru desain audio New Yaris Heykers. Tidak hanya itu, semua tipe Toyota Yaris Heykers ini juga mendapatkan sentuhan aksen silver pada kisi AC, motif baru garis vertikal pada jok yang membuatnya terkesan makin modern dan tampak begitu stylish.

Masih pada bagian dashboard, pada sektor samping kanan Toyota Yaris Heykers ini bisa kita lihat juga Steering Wheel yang dirancang begitu sporty yang dibentuk dari 3-spoke steering wheel lengkap dengan switch control dengan teknologi Rack and Pinion with Power Steering yang akan mempermudah pengemudinya dalam mengontrol sistem panel audio. Secara keseluruhan, spesifikasi Toyota Yaris Heykers pada sektor interior memang mengusung desain elegan guna memberikan kenyamanan kepada para penumpang.

Fitur Canggih untuk Menunjang Kenyamanan dan Keselamatan Penumpang

Selain memiliki desain menarik dan mesin berperforma handal, Toyota Yaris Heykers ini memiliki beragam fitur canggih. Seperti, untuk menunjang keselamatan penumpang, Toyota Yaris Heykers telah dibekali dengan sistem pengereman Ventilated Disc dengan diameter 15 inci untuk rem depan dan diameter 14 inci untuk rem belakang. Sehingga, akan mempermudah pengemudi dalam mengontrol laju kecepatan. Selain itu, fitur keselamatan pada Toyota Yaris Heykers ini juga akan dilengkapi dengan Dual SRS Airbag pada pengemudi dan penumpang depan yang akan melindungi penumpang depan maupun pengemudinya ketika terjadi kecelakaan dari arah depan.

Lalu, untuk memberikan kenyamanan maka Toyota menyematkan fitur audio sistem dalam Toyota Yaris Heykers ini dengan panel lengkap yang canggih dan modern pada dashboard yang terpasang simetris di tengah di mana terdapat Navigasi LCD seluas 7 inci. Sistem kemudi yang digunakan yakni jenis Rack & Pinion yang semakin menambah kenyamanan dalam berakselerasi menggunakan Toyota Yaris Heykers. Ditambah dengan adanya fitur engine start stop button juga semakin menghemat konsumsi bahan bakar, selain itu ada juga fitur seperti Power Outlet dan Spion otomatis. Di sisi lain, untuk memudahkan dalam memarkirkan kendaran, mobil ini dibekali dengan sensor parkir pada bagian belakang. Melihat secara keseluruhan, tampaknya spesifikasi Toyota Yaris Heykers ini memang terbilang cukup lengkap untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan para penumpangnya.

Toyota Yaris Heykers ini hadir dengan 2 varian berbeda berdasarkan jenis sistem transmisinya, yaitu Heykers M/T dan Heykers CVT. Sedangkan untuk pilihan warnanya ditawarkan 7 pilihan warna berbeda yang bisa dipilih sesuai selera konsumen, yakni Super White, Attitude Black Mica, Blue Metallic, Silver Metallic, Gray Metallic, Red Mica Metallic, dan Orange Metallic. [Azhar/dari berbagai sumber].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven + eight =