Negara Demokrasi Harus Transparan

0
659

MediaKALLA.com – Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla mengatakan bahwa suatu demokrasi harus dijalankan dengan transparansi agar negara dapat lebih maju. “Demokrasi tidak akan terjadi tanpa transparansi. Tanpa transparasi masyarakat tidak dapat berpartisipasi,” ucap Wapres ketika memberikan sambutannya pada Pemberian Anugerah Keterbukaan Informasi pada Badan Publik, Jum’at (12/12/2014) di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Wapres lalu menceritakan bahwa anggota Palang Merah Indonesia (PMI) mempresentasikan rencana membuat Rumah Sakit dengan dapur yang semua sisinya menggunakan kaca dan lokasinyanya dekat dengan ruang tunggu. “Ketika saya tanya mengapa dapurnya tidak di belakang tetapi dekat ruang tunggu, mereka menjawab, kalau di depan dan transparan maka akan selalu bersih,” cerita Wapres.

Wapres menghubungkan pembuatan dapur tersebut dengan program pemerintah. Jika pemerintah transparan, maka semua akan berjalan bersih dan baik. Selanjutnya Wapres mencontohkan peran Kementerian Keuangan, peraih peringkat 1 kategori kementerian dengan nilai 100, dalam keterbukaan informasi kepada publik. “Kalau Menkeu tidak transparan, kelewatan namanya. Karena informasi yang diberikan terkait angka-angka  yang harus diketahui orang,” ucap Wapres yang disambut tawa hadirin.

Wapres menjalaskan bahwa saat ini dengan pesatnya perkembangan teknologi, masyarakat dapat mengakses segala informasi dari badan publik melalui website. Untuk itu, humas atau yang sekarang dikenal dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) memainkan peranan yang sangat penting dalam mendiseminasikan informasi sekaligus meningkatkan partisipasi publik. “Dulu ada humas, sekarang lebih luas lagi, yaitu PPID. Selain berfungsi sebagai humas, juga menerima aduan dan juga feed back atas informasi yang kita sampaikan,” pungkas Wapres.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Keuangan Bambang Brojonegoro, dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Sumber : http://jusufkalla.info/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.