Muallaf Binaan Yayasan Kalla Dakwahkan Islam di Timor Leste

1
653

MediaKALLA.Com – Komunitas Muallaf asal Timor Leste yang merupakan binaan Yayasan Kalla menegaskan keseriusan mereka menyebarkan  islam mereka di kampung halaman mereka. Demikian disampaikan Adje, perwakilan Muallaf Timor Leste ketika ditemui di Kantor Yayasan Kalla, Wisma Kalla lantai 14, Jl. Dr.Ratulangi No. 8 Makassar, Senin 13 september 2012 yang lalu.

Menurut Adje, komunitas muallaf  ini memiliki visi menyampaikan kalimat tauhid dan menyiarkan agama Islam di bumi Timor Leste, “Kami targetkan dalam setiap bulan itu ada satu atau dua orang Timor Leste masuk Islam. Saat ini ada dua orang non Islam yang tinggal bersama kami yang sementara dalam pembinaan.” Kata Adje.

Adje menambahkan, dia setiap tahun pulang ke Timor Leste lalu membawa dua atau tiga orang anak yang ingin menimba ilmu Islam di Makassar, “Dengan bekal ilmu yang saya peroleh disini, saya berdakwah kepada keluarga dan masyarakat. Mereka banyak yang tertarik dan menawarkan anaknya untuk diajak ke Makassar untuk  belajar islam lebih intensif sambil menuntut ilmu di sekolah atau kampus.” Tandas Adje.

Namun, kendala yang dihadapi Adje  dalam membina muallaf  ini adalah soal asrama untuk menampung mereka, “Sejak tiga bulan yang lalu saya berusaha dan berdoa mencari donator pengadaan asrama. Syukurlah, doa saya terkabul dengan hadirnya bantuan Yayasan Kalla.” Kata Adje.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembangunan Yayasan Kalla, Abdul Hafid Rahim  yang menyerahkan langsung bantuan tersebut mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bagian dari Program Islamic Care Yayasan Kalla, “Bantuan ini dikhususkan untuk pengadaan asrama dan perlengkapannya. Semoga diberkahi oleh Allah SWT dan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kegiatan dakwah.” Kata Hafid.

Ke depannya, Adje mengharapkan Yayasan Kalla selain tetap menghadirkan bantuannya untuk kegiatan dakwah juga dapat membantu memfasilitasi untuk membuka yayasan yang menaungi muallaf Timor Leste secara khusus. “ Dengan asrama ini kami dapat menggelar kegiatan pengajian dan kelas Bahasa Arab seperti ini. Terima kasih atas bantuan dan dukungan Yayasan Kalla,” tutup Adje. [mk]

Adakan Mubes

Demi meningkatkan persatuan sesama muallaf Timor Leste, komunitas yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Timor Timur (HMPTT) ini mengadakan musyawarah besar (mubes). Mubes ini yang berlangsung Sabtu-Ahad, 15-16 September ini selain untuk memilih pengurus juga untuk merumuskan AD/ART, GBHO dan GBPK organisasi.

Sekitar 25 orang secara aklamasi memilih ketua, sekretaris dan bendahara yang berlangsung di Tanjung Bunga. Hasil dari pemilihan tersebut menetapkan Latif da Costa (Mahasiswa UIM angkatan 2006 Jurusan Komunikasi), Muh. Ismail (Mahasiswa UNSA Angkatan 2011 Jurusan Teknik Elketro) dan Zuldocarmo Kadir  (Mahasiswa UIN Angkatan 2011 Jurusan Pend. Bahasa Arab) masing-masing sebagai Ketua, Sekretaris dan Bendahara.

Ketua terpilih periode 2012-2013, Latif da Costa mengatakan target pengurus tahun ini adalah untuk mengarahkan muallaf yang bernaung dibawah organisasi ini untuk meningkatkan iman dan takwa mereka serta bagaimana mengaplikasikan disiplin ilmu masing masing nantinya di Timor Leste.

Lebih lanjut, Latif Da Costa menambahkan untuk mewujudkan hal ini, pengurus akan menggelar serangkaian kegiatan diantaranya kajian seputar dasar dasar keislaman serta kegiatan sosial-kemasyarakatan, “Bersama dengan Sekretaris dan Bendahara yang terpilih, kami berencana membuat kerja sama dengan Majelis Ulama Timor Leste dalam rangka membangun Islam di sana,” tandas Latif.

Sementara itu ketua periode sebelumnya, Adje mengatakan dirinya sebagai pendiri organisasi ini akan mengawasi jalannya organisasi agar tetap  sesuai  dengan visi-misi serta menjaga kepercayaan dengan pihak yang bersedia bekerja sama dengan HMPTT seperti Yayasan Kalla. [mk]

1 COMMENT

  1. Assalamualaikum…. senang rasanya mendengar berita ini…. semoga berkahnya melimpah dibumi Timor Leste….. amin amin…..Abdul 081272279785

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + thirteen =