Menyetir Saat Hujan dan kesiapan Bengkel Toyota dalam melayani Pelanggan

0
669

MediaKALLA.Com – Musim hujan memang terkadang menjadi ancaman bagi pengguna jalan. Data kepolisian sulselbar memperlihatkan kenaikan grafik pada point kecelakaan lalu lintas. Karenanya, meningkatkan kewaspadaan saat membawa kendaraan harus lah diperhatikan.

Berikut merupakan beberapa tips aman menyetir saat hujan yang bisa anda terapkan sehari – hari.
1.  Hal pertama yang perlu anda perhatikan tentu saja adalah kondisi mesin mobil anda. Kondisi mesin akan selalu menjadi hal utama untuk diperhatikan. Biar bagaimana pun, anda harus tetap berkendara dengan kondisi mobil yang sehat untuk menjaga keselamatan anda.
2.  Saat musim hujan, mobil anda akan lebih cepat mengalami proses pendinginan. Pemanasan pada mesin kendaraan pada awal start diperlukan waktu beberapa menit untuk memanasi mesin mobil sampai kondisi normal (temperatur mesin ±85 derajat celcius). Apabila temperature yang diharapkan telah tercapai maka mulailah menjalankan kendaraan dengan ucapan bismillah …
3.  Pada saat menyetir mobil dan kondisi di luar hujan deras, sebaiknya mengurangi kecepatan dan lebih berhati – hati. Kecelakaan bisa terjadi karena anda mengendarai mobil terlalu cepat. Semakin tinggi kecepatan mobil anda, akan semakin besar kemungkinannya selip. Karenanya, menyetir mobil dalam kecepatan yang rendah saat hujan akan lebih aman bagi anda.
4.  Pada sebagian mobil, menyalakan AC saat hujan mungkin tidak akan ada masalah. Namun, jika mobil anda memiliki masalah pada pendingin ruangan, anda sebaiknya tidak menggunakan mobil tersebut. Pada kendaraan jenis tertentu dan AC dalam keadaan ON dapat membuat seluruh kaca bagian luar berembun/buram serta dapat mengakibatkan mengganggu pandangan dari dalam.
5.  Mengemudi kendaraan saat hujuan, anda sebaiknya menyalakan lampu depan mobil anda. Hal ini dianggap lebih aman karena anda akan memiliki sinyal yang cukup jelas atau dapat diketahui oleh kendaraan yang berlawanan arah, Anda perlu memahami bahwa penglihatan pada saat hujan bahkan sangat rendah. Lebih rendah pada saat malam hari. karenanya, menyalakan lampu depan mobil anda bisa menjadi salah satu cara untuk mengamankan diri anda.
6.  Menyetir mobil saat hujan mungkin akan sedikit beresiko. Jika kemampuan menyetir masih belum maksimal, ada baiknya jika anda berhenti di pom bensin selama hujan atau juga berhenti pada rest area dan menjauhi pohon besar, hingga hujannya reda.

7.  Menyalakan lampu jauh pada saat menyetir sebenarnya juga bisa menjadi andalan untuk emngamankan diri anda. Jangan hanya puas menyalakan lampu keci/lampu dekat. Lampu jauh dengan penerangan maksimal akan sangat membantu anda dalam melihat kondisi jalan dan memudahkan pengendara lain mengenali mobil anda.
8.  Mengusahakan agar jalan yang akan dilalui adalah dipilih jalan yang telah diketahui kondisi/karakternya – jalannya mulus tidak berlubang dan berkelok.

Kesiapan Bengkel Toyota Pada saat Musim Hujan

1.      Kendaraan THS harus kondisi terawat dan siap pakai, Kondisi bagian luar cat tidak buram, ban luar tidak terlihat gundul, SST  dan Equipment layak digunakan. Mengapa ? kondisi seperti ini kami jelaskan, Pada musim hujan kadang kendaraan mengalami masalah aki suak sehingga mesin tidak bisa di stater/ tidak bisa dihidupkan, dan lain lain. Nah ! apabila Pelanggan mengharapkan bantuan Toyota Home Service, selanjutnya  kendaraan THS tiba dilokasi pelanggan dan terlihat kondisi yang kami sebutkan diatas atau kondisi kendaraan penolongnya terlihat tidak terawat, teknisinya kurang memahami problema pelanggan, dll dll dll. Alangkah lucunya fenomena ini

2.      Setiap kendaraan yang mengalami problema serius maka pihak bengkel harus dapat memberi pemahaman kepada Pelanggan akan pentingnya melakukan Perawatan Berkala. Ganti Spare Part sebelum rusak total, contohnya : Aki diganti setelah masa pakai 1,5 th, Karet wiper ganti saat wiper difungsikan terdengan bunyi mencicit, ganti tali kipas sebelum putus – tandanya tali kipas retak retak, dll dll dll .(dapat mengacu ke buku servis).

3.      Alokasi spare part yaitu mengacu kemaksimal stock 1 pc untuk Fast Moving Part, mengapa demikian ?! sebagai contoh , kendaraan butuh karet wiper untuk mobil Vios ternyata stock dibengkel kosong > order/minta ke depo hari ini > apabila stock tersedia maka depo part akan mensuplly keesokan harinya.

Artinya Pelanggan akan bertanya mengapa ganti karet wiper harus 2 (dua) hari ? adakah alternatip lain ganti karet wiper  kendaraan dapat selesai pada hari itu juga ? jawabnya ada !!

Kita harus mengutamakan permintaan Pelanggan tetapi ingat beri catatan. Artinya memang benar ada SOP pada saat bekerja, spare part KW 1 merk ND dapat juga digunakan untuk musim hujan satu tahun (CATATAN. Ini hanya sebuah contoh kecil apabila terjadi kondisi seperti diatas)

4.      Spare Part yang sering diganti saat musim hujan.

Karet wiper, karet kaca, karet pintu, wheater strip,aki,balon lampu, fuse,pad rem/brake shoe, minyak pelumas mesin dan pelumas gigi serta masih banyak yang lainnya.

Demikian Informasi dari kami, semoga bermanfaat bagi kita semua. [Mustafa – MPCR PT. Hadji Kalla]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.