Menuju ” World Class Company “

1
823

MediaKALLA.Com – Mana yang Anda pilih :

a. cita-cita/impian/target tinggi tapi tidak tercapai,

b. cita-cita/impian/target rendah dan tercapai.

Maunya sih cita-cita/impian/target tinggi dan tercapai. Tapi terkadang dalam kenyataan cuma pilihan a dan b yang ada. Untuk memilih menarik untuk disimak ungkapan dari Michelangelo ini :

“The danger is not setting our aim too high and fail; but in setting our aim too low and achieving it”.

Maksudnya bahaya itu bukanlah menentukan target tinggi dan gagal; tetapi bahaya itu adalah menentukan target yang rendah dan tercapai. Jadi lebih baik di awal menentukan target yang tinggi.

Kaitannya dengan Kalla Group yang sedang menyusun rencana strategis atau rencana tahunan dan diawali dengan penentuan impian / target / cita-cita, maka di tahun 2022 saat Ulang Tahun ke 70, apa impian Anda tentang Kalla Group. Dari beberapa diskusi dengan Direksi khususnya Direktur Utama Ibu Fatimah Kalla maka beliau menyatakan bahwa mari menuju “world class company di tahun 2022”.

Seperti apa world class company itu dan apa syarat untuk mencapainya? Menurut AB Sutanto , sebuah perusahaan yang layak masuk dalam world class company, setidaknya mempunyai lima karakteristik utama, yaitu kompetensi, kemampuan berdaptasi (adaptability), mempunyai budaya kualitas, inovatif dan sifat entrepreneur. Kelima karakteristik itu saling kait-mengait dan harus terintegrasi dengan baik.

Masalahnya bagaimana menggapai impian untuk menjadikan  perusahaan kita sebuah world class company ? Menurut AB Sutanto, Pertama yang harus diperhatikan adalah prasyarat yang harus dipenuhi, yaitu kemampuan finansial, kehandalan SDM, kemampuan memanfaatkan teknologi, kepemilikan jejaring bisnis (business network)  dan penguasaan informasi strategis.

Kedua, siapa yang mengantarkan agar ‘mimpi’ ini menjadi realitas. Dibutuhkan pola kepemimpinan yang dapat mengubah mimpi-mimpi itu menjadi kenyataan.  Seorang pemimpin yang dapat ‘melihat dan bermimpi’,  mengubah, dan menggerakkan  orang lain untuk mencapai tujuan.    Ketiga, diterapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance. Corporate Governance dapat dipakai sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan pola manajemen yang bermutu “world class” dan dapat berdiri sejajar dengan korporasi manapun di dunia.

Dalam konteks Kalla Group tentu semuanya harus didasari oleh “JALAN KALLA” sebagai core values perusahaan. Dengan dasar dan spirit “JALAN KALLA” dilakukan standarisasi dan perbaikan secara terus menerus kepada  kehandalan SDM, kemampuan finansial, kemampuan memanfaatkan teknologi, kepemilikan jejaring bisnis (business network)  dan penguasaan informasi strategis.

Semoga apa yang diimpikan betul-betul dapat terwujud, bukan hanya di kertas tapi juga di realitas. Apakah impian menjadi world class company terlalu muluk-muluk? Tentu tidak. Karena sebenarnya “yang lebih penting bukan seberapa besar mimpi kalian, tapi seberapa besar kalian untuk mimpi itu”, demikian nasehat di Film Laskar Pelangi.  Tentunya dengan harapan semoga melalui kerja keras, cerdas dan ikhlas semua dapat tercapai.

“Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.”   (Q.S. Alam Nasyrah : 5-8)

Syamril

1 COMMENT

  1. P Syamril,
    Deskripsi singkat yang menarik, dalam waktu yang tidak terlalu lama, tahun 2022, 10 Tahun ke depan perusahaan berkelas dunia sudah menjadi mimpi yang harus terealisasi.
    Dalam berbagai uraian di wistus web ini, saya belum menemukan strategi korporat yang dianut untuk menggapai mimpi tersebut.
    Saya sendiri lebih suka menggantung cita-cita setinggi langit-langit pak 🙂 tapi tahu persis cara mencapainya.
    Mungkin ada rujukan yang bisa ditelaah soal bagaimana kalla group bisa menuju poisisi 2022 dari posisi 2012 sekarang, saya kira akan menarik bagi kalangan akademis dan praktisi bisnis.
    Salut atas penjejakan tersebut
    Salam,
    Sapri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.