Menteri Pertanian Harap Pabrik Kakao PT. KKI Segera Beroperasi

0
455

MediaKALLA.com – Menteri Pertanian RI, Ir. H. Suswono, MMA berharap pabrik pengelolaan kakao PT Kalla Kakao Industri (PT. KKI) segera beroperasi. Hal tersebut disampaikannya saat makan siang bersama dengan Direktur Utama Kalla Group, Fatimah Kalla, Selasa, 16 September 2014.

Menurut Suswono, bila pabrik ini beroperasi maka akan meningkatkan produksi kakao di Kendari dan sekitarnya ” Jika pabriknya jalan, petani akan lebih bersemangat dan termotifasi untuk meningkatkan hasil pertaniannya, ” ujarnya.

Dirinya berharap agar, Kalla Group juga senantiasa memberikan perhatian yang kuat dalam hal pembinaan petani dalam upaya peningkatan mutu produk kakao. Keberhasilan pengelolaan kakao ini sangat bergantung dari kualitas dan kuantitas hasil panen petani, makanya peran perusahaan dalam memberikan pembinaan juga sangat menentukan. ” Intinya ini seperti simbiosis mutualisme, ” terangnya.

Sementara itu, Fatimah Kalla menjelaskan bahwa pabrik PT. KKI ini sudah akan beroperasi dalam waktu dekat ini. ” Hanya ada sedikit lagi peralatan yang mesti dilengkapi, ” jawabnya.

Pabrik ini nantinya akan mengelolah biji kakao menjadi bubuk coklat, coklat cair dan butter. ” Sudah banyak perusahaan yang berminat untuk bekerjasama seperti Godiva, Nestle, Kraff dan Mars, ” ungkap Fatimah. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 6 =