Menggenggam Dunia dengan Kekuatan Online

0
543

“Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (Q.S 02 – 148)

 

MediaKALLA.Com – Perkembangan teknologi membuat zaman bergeser dengan sangat cepat, tanpa disadari produk-produk yang lahir dari rahim teknologi telah mendampingi kita dari berjalan, makan, hingga berbicara. Pernah kita bertanya pada diri dari mana kita mengenal Blackberry, Android, I Phone, serta produk-produk luar yang kini melengkapi dan membantu kehidupan sehari-hari kita? Bagaimana invasi produk-produk ini bisa terjadi begitu cepat? Jawabannya tentu tidak jauh dari perkembangan teknologi yang menyebabkan semakin entengnya akses informasi yang juga tidak lepas dari perkembangan fungsi internet atau media online.

Jika dahulu melihat seluruh dunia tanpa perlu beranjak dari tempat tidur merupakan hal yang mustahil kini, pada jaman dimana kita berpijak hampir semua orang mampu mengakses dunia hanya dengan satu kunci yaitu ‘internet’. Kini  fungsi internet telah berkembang sangat pesat dan merubah dunia ikut merubah pola hidup masyarakat. Internet bisa menjadi ‘pintu’ kemana saja dan teknologi saat ini membuat ‘pintu’ tersebut dapat muat disaku dan dapat gunakan dimanapun dan kapanpun kita inginkan. Selain itu, juga tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi online membuat manusia lebih menyukai hal-hal yang serba praktis dan menyerahkan beberapa pekerjaan pada sang teknologi, termasuk untuk urusan belanja.

Tentu sangat disayangkan apabila fenomena ini diacuhkan begitu saja, seharusnya kita belajar dengan produk-produk yang ada ditangan kita yang tidak mungkin kita miliki tanpa kita mengenal terlebih dahulu. Apa cukup melalui televisi?Jawabannya tentu saja tidak, karena kenyataannya masyarakat kini lebih banyak menghabiskan waktu bercengkrama dan nongkrong di dunia maya. Pemanfaatan dari perkembangan teknologi ini lah yang pada akhirnya memungkinkan sejumlah perusahaan-perusahaan besar dunia melakukan invasi produk dengan lebih cepat.

Selain itu  tantangan besar pada era ini adalah  pasar bebas yang tidak bisa dihindari. Salah satu yang harus dihadapi dengan penuh persiapan adalah ASEAN Community 2015 mendatang, tidak hanya kualitas , produktivitas, dan kreativitas yang harus ditingkatkan, kepiawaian dalam memperkenalkan dan memasarkan produk juga akan menjadi kunci vital untuk dapat bertahan dan maju ditengah persaingan pasar yang semakin ketat dimasa depan. Pada masa ini  perusahaan harus bergerak cepat dan fleksibel untuk itu, media online menjadi solusi murah dan efisien dalam membantu pemasaran produk. Sehubungan dengan potensi online, pada era pasar bebas ASEAN 2015 mendatang pengguna internet di Indonesia akan bertumbuh hingga mencapai angka 100 juta. Ini tentu merupakan peluang bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan usaha dengan memanfaatkan kekuatan online.

Tidak hanya bagi perusahaan besar, pemanfaatan  Media Online juga sangat penting bagi para pelaku ekonomi dari level Usaha Kecil Menengah (UKM).

Fakta mengenai pentingnya media online bagi pelaku usaha pernah dibahas Marketeers Edisi April 2012 yang memuat Laporan dari Deloitte Acces Economics : “The Connected Archipelago: The Role of The Internet in Indonesia’s Economic Development” yang menemukan bahwa dari survey terhadap 200 pelaku usaha Indonesia, rata-rata 29% dari pendapatan per tahun mereka dating dari aktivitas online.

Memang memperkuat bisnis dengan kekuatan online bukanlah hal yang baru. Bahkan virtual shopping pertama telah ada sejak tahun 1994. Hingga kini pelaku bisnis online dikalangan pengusaha semakin marak, dunia Maya menjadi ‘toko’ yang murah dan efisien bagi para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. Hal ini  kemudian memengaruhi perilaku masyarakat yang kini cenderung menjadi ‘malas’ untuk beranjak dari tempat duduk hanya untuk melakukan transaksi belanja. Oleh karena itu, pelaku usaha harus jeli dan sadar akan kebutuhan konsumen dengan perilaku semacam ini.

Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Onlie kini bukan lagi pilihan melainkan menjadi suatu keharusan, jika tidak sama saja jika kita ketinggalan satu dekade dibelakang. Dengan adanya perubahan zaman, maka perusahaan pun harus beradaptasi dan memanfaatkan perkembangan yang ada. Jika tidak  perusahaan bisa tumbuh seperti bongsai, jaya dan subur dalam pot, namun kerdil di tengah-tengah tanaman lain yang akarnya punya ruang lebih luas untuk tumbuh dan berkembang. (*)

{ani}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.