Mengapa Mengganti Oli Mobil itu Penting

0
398

MediaKALLA.com – Mengganti oli mobil merupakan hal penting yang perlu dilakukan agar mesin awet dan mobil tak mengalami kerusakan. Seberapa seringkah Anda mengganti oli mobil? Apa Anda tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat akan mengganti oli mobil? Mengganti oli mobil bergantung pada beberapa faktor, diantaranya jenis mobil yang sedang Anda kendarai, usia mobil dan kegunaan mobil itu sendiri. 

Banyak produsen mobil yang menganjurkan pergantian mobil setiap 3,000 mil (4,828 km). Akan tetapi, banyak pengguna mobil yang menganggap remeh standar yang telah diberikan. Kebanyakan pemilik mobil berfikir bahwa mengganti oli mobil sesuai standar tersebut hanya membuang-buang waktu dan uang saja. Sebaiknya Anda jangan meniru perilaku seperti ini demi kebaikan mesin mobil Anda. Akan sangat bijak jika Anda membaca buku panduan dari perusahaan mobil yang Anda beli. Dengan begitu Anda bisa mengetahui secara pasti kapan harus mengganti oli mobil.

Mengapa sih mengganti oli mobil secara teratur sangat penting untuk dilakukan? Karena oli merupakan pelumas yang membantu pergerakan mesin sehingga mobil bisa berjalan dengan baik. Oli mesin digunakan untuk melumasi bagian-bagian yang bergerak dari mobil Anda. Oli mencegah permukaan metal dari bagian mobil agar tidak bergeseran satu sama lain dengan kasar. Sehingga bagian-bagian tersebut tidak akan rusak atau aus akibat pergeseran yang terjadi. Oli mencegah terjadinya korosi, membantu mendinginkan mesin dan membantu mesin mobil untuk tetap bersih dengan menyerap limbah pembakaran mobil seperti senyawa silikon.

Kalau sudah begitu, Anda seharusnya tidak menganggap remeh masalah mengganti oli mobil ini. penggantian oli sendiri sebenarnya sangat simpel dan murah. Banyak bengkel yang selalu menyediakan oli dari berbagai merek. Sebaiknya Anda menggunakan merek oli yang sudah terpercaya dan sudah Anda gunakan sejak membeli mobil. Anda juga harus mengerti betul jenis oli yang sesuai untuk mobil Anda. lihatlah buku panduan untuk mendapatkan informasi mengenai jenis oli dan rekomendasi produk oli yang harus digunakan.

Sumber : http://www.toyota.astra.co.id/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + 20 =