Memimpin Ala Saudagar

0
457

MediaKALLA.com – Saudagar atau pengusaha itu selalu menentukan dulu tujuan yang ingin dicapai lalu menentukan langkah-langkah mencapai tujuan.

Demikian petikan jawaban Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla saat berbincang dengan Rosiana Silalahi. Perbincangan keduanya dikemas dalam talkshow Rosi dengan tema ‘Memimpin Ala Saudagar’ di Baruga AP Pettarani, Kampus Unhas, Senin, 6 April 2015.

JK merinci bahwa pengusaha berpikir selalu yang pertama adalah tujuan dan targetnya. Misalnya, kita ingin tumbuh sekian persen, atau kita ingin jual sekian unit mobil, jadi target dulu ditentukan baru diatur proses bagaimana untuk mencapai target tersebut. “Jadi selalu menentukan dulu tujuan yang ingin dicapai baru berpikir proses,” tegasnya.

Selain itu menurut JK, pengusaha itu selalu mengukur kesuksesan dengan angka. Jadi ada faktor pengukur. Sama halnya dengan mahasiswa, bagaimana mereka bisa mengetahui prestasi belajar jika tidak diberi nilai. “Makanya di meja-meja saya selalu sedia kalkulator,” akunya.

Bedanya dengan birokrat terlebih dahulu memikirkan prosesnya, karena kalau salah prosesnya bisa dipanggil KPK atau pihak berwajib lain. “Bagi mereka tujuan tidak penting yang penting adalah prosesnya harus benar, itu bedanya,” ujar JK.

Sebenarnya, hal ini baik. Hanya saja proses pengambilan kebijakan bisa lama, karena harus merunut proses demi proses. Ini tentu berpengaruh pada perkembangan bangsa, apalagi saat ini perkembangan informasi dan teknologi begitu cepat. “Model gaya birokrat sulit diterapkan saat ada bencana,” sebutnya.

Ciri lain pemimpin saudagar adalah selalu memandang segala persoalan lebih sederhana dan ada solusinya. “Masalah itu, jika harus dipermudah kenapa harus dipersulit,” tekannya.  [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × five =