Memetakan Kompetensi Karyawan Melalui Emerging Leadership Program

0
679
Ibu Hadijah dalam pembukaan emerging leadership program

Makassar- PT. Haka Sarana Investama sebagai holding Kalla Group mengadakan Emerging Leadership Program  (ELP) yang dihadiri 82 orang dari semua unit perusahaan Kalla Group. Program ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 16  hingga 18 April 2012. Hari pertama adalah pembukaan sekaligus pengenalan kompetensi diri melalui talents mapping. Hari kedua peserta akan menjalani psikotes sedangkan hari terakhir, setiap peserta akan diberi waktu setengah jam untuk menghadapi sejumlah pertanyaan dalam sesi wawancara kompetensi. Jumlah pertanyaan yang harus dikerjakan peserta dalam talents mapping adalah 114 nomor dan 170 nomor tambahan pada sesi kedua. Hasil dari penilaian kompetensi ini kemudian akan dibagikan pada tanggal 30 April dalam bentuk raport.

Kepala Kalla Learning Center, Hadijah mengatakan bahwa saat ini Holding belum memiliki data base penilaian kompetensi karyawan sehingga pihaknya perlu mengadakan program semacam ini, “Kita ingin menempatkan karyawan sesuai dengan potensinya sehingga yang bersangkutan benar benar diharapkan menguasai bidang itu. Bilamana pekerjaan tidak sesuai  dengan kompetensi karyawan, maka hal tersebut adalah tanggung jawab perusahaan.” Kata Hadijah disela sela pembukaan acara di Wisma Kalla Lantai 2 (16/4).

Hasil dari penilaian kompetensi ini menurut Hadijah akan digunakan sebagai data profil kinerja karyawan untuk keperluan mutasi dan promosi, “Tentu  semua orang menginginkan peningkatan karir, tidak semua orang ingin di posisi yang sama sampai pensiun. Yang di bagian keuangan misalnya tentunya tidak rela kalau di bagian keuangan terus. Dengan adanya penilain kompetensi akan memudahkan holding mencari orang yang tepat jika ada posisi yang lowong.” Tandas Hadijah. Dengan pemetaan bakat dan penilaian kompetensi, job profit seorang karyawan dapat dirumuskan sehingga memudahkan penentuan level atau posisi.

Direktur Utama Kalla Group, Fatimah Kalla yang turut memberikan sambutan menegaskan kepada semua karyawan bahwa ada tiga hal yang harus dilakukan karyawan Kalla Group jika  ingin sukses meniti karir. Pertama, dedikasi tinggi yang dibarengi daya juang dan prestasi kerja yang bagus. Kedua, meningkatkan kapabilitas tentang pekerjaan yang dilakoni. Implementasinya karyawan harus mencari ilmu sebanyak banyaknya dan berani mengambil tantangan tantangan yang lebih berat. Dan ketiga, teamwork. Karyawan harus mampu bekerja secara kooperatif dalam tim sehingga target pekerjaan bisa tercapai.  [mk]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.